Breaking News:

Akhir dari Gugatan Anak di Banyuasin ke Ibunya Terkait Harta Warisan, Kini Keadaan Berbalik

Gugatan ketiga anak kandung Hj Darmina ditolak oleh majelis hakim di Pengadilan Agama Pangkalan Balai, Kamis (4/3/2021).

sripoku.com/matbodok
Hj Darmina pasca mengikuti persidangan gugatan dari anak kandungnya terkait warisan di Pengadilan Agama Pangkalan Balai. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Mat Bodok
 
SRIPOKU.COM, BANYUASIN - Setelah proses panjang anak menggugat ibu kandung di Pengadilan Agama (PA) Pangkalan Balai Banyuasin, kini nenek Hj Damina (79) bisa merasa lega.

Gugatan ketiga anak kandung perempuannya ditolak oleh pihak pengadilan, Kamis (4/3/2021).

Juru bicara Pengadilan Agama Pangkalan Balai, Rivaldi Fahlepi SH, mengatakan keputusan anak menggugat ibu kandung terkait harta warisan sudah dibacakan.

Putusan tersebut terbuka untuk publik dan bisa diakses oleh siapapun.

Akan Dijadikan Apa Kantor Walikota Palembang Jika Memang Jadi Dikelola Pihak Ketiga, Ada Syaratnya

"Hj Damina yang dituntut oleh ketiga anaknya sudah putus dan hasilnya, Ketua Majelis Hakim diketuai oleh Achmad Fikri Islami SHI MHI dan didampingi anggota majelis telah memutuskan bahwa putusan NO, artinya menyatakan bahwa gugatan tidak diterima," kata Rivaldi.

Dijelaskan Rivaldi, gugatan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh hakim untuk diperiksa dan diadili sehingga tidak ada objek gugatan dalam putusan untuk dieksekusi.

"Gugatan mengandung cacat formil," tutur Rivaldi.

Akan putusan ini, pihak penggugat bisa melakukan banding dan ditunggu masa banding selama 14 hari ke depan.

Ketiga anak kandung perempuan dari Hj Damina tadi, yakni, Agustina Herawati, Mila Katuarina, dan Hj Aprilina terilihat berusaha merayu untuk kembali baik kepada orangtuanya usai persidangan.

Cara Mendapatkan Layanan Home Care di Klinik Pratama Wijaya Medika, Perawatan Medis Bisa di Rumah

Hj Damina didampingi tim kuasa hukum yang terdiri dari M Edy Siswanto SH, Mujiburrahman SH MH, Yudi Al Munandar SH mengatakan, untuk dakwaan sebagai tergugat sudah selesai dan hasilnya NO.

Ketua majelis hakim di Pengadilan Agama Pangkalan Balai jelas memutuskan persidangan bahwa putusan menyatakan gugatan tak diterima.

Kini dijelaskan kuasa hukum Damina, kliennya akan membawa kasus ini kembali ke Pengadilan Agama Banyuasin terkait pembatalan hibah kepada ketiga anak kandungnya.

"Hj Damina akan membatalkan hibah, karena seorang orangtua merasa tidak diurus oleh anak, diterlantarkan oleh anak- anaknya yang menerima hibah, dan digugat pula oleh anak- anak," tutur Edy.

BPJS Ketenagakerjaan Siap Hadapi Tantangan Pengelolaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Sehingga, nenek Damina berhak untuk mengambil kembali harta berupa tiga bidang tanah seluas 750 meter persegi untuk satu bidang yang pernah diberikan kepada anak yang menuntut. 

"Tanah yang pernah dihibahkan kepada tiga orang anaknya, tanah tersebut atas nama Hj Damina," jelas kuasa hukum dari Peradi yang menyebutkan Nomor perkara, nomor 195/Pdt.g/2021/pa.pkb. gugatan tgl 23 Pebruari 2021.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved