Breaking News:

Virus Corona

Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus Satu Juta Lebih, Dinkes Sumsel Sebut Lockdown Bukan Solusi Jitu

Berkaca dengan tindakan lockdown yang dilakukan beberapa daerah pada tahun lalu nyatanya tidak memberikan efek terlalu signifikan dalam mencegah

SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Ilustrasi Pemakaman Covid-19 di Kecamatan Simpang Kabupaten OKU Selatan tahun 2020 lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM,  PALEMBANG - Kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat.

Bahkan angka korban positif virus corona di Tanah Air sudah mencapai satu juta orang lebih dengan jumlah kematian mencapai 29.331 orang dan pasien sembuh 842 ribu. 

Sementara itu untuk Provinsi Sumsel berdasarkan update, Kamis (28/1/2021) total terjadi 14.080 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 697 orang dan pasien sembuh 11.464 orang. 

Kendati tren kasus positif virus corona cenderung meningkat, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel menilai penerapan lockdown atau tindakan mengunci wilayah bukan menjadi solusi jitu dalam memutus rantai virus corona di Indonesia. 

Kasi Surveilance dan Imunisasi dari Dinkes Sumsel, Yusri menjelaskan berkaca dengan tindakan lockdown yang dilakukan beberapa daerah pada tahun lalu nyatanya tidak memberikan efek terlalu signifikan dalam mencegah sebaran Covid-19

Tindakan lockdown justru memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat.

Aktivitas masyarakat selama adanya lockdown menjadi terganggu  dengan demikian ekonomi masyarakat juga menjadi kesulitan. 

"Kalau lockdown itu juga berdampak terhadap ekonomi. Jadi pemerintah harus memperhatikan dua elemen kesembuhan dan ekonomi. Lockdown tahun lalu juga tidak jadi solusi," ujarnya, Jumat (29/1/2021).

Menurutnya, upaya lockdown sejatinya memang dianggap perlu.

Halaman
1234
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved