Breaking News:

Vaksinasi Covid 19

BPOM Nyatakan Vaksin Covid-19 Aman, MUI Masih Teliti Kehalalan

Vaksinasi tahap pertama mulai dilakukan pekan depan ditandai pemberian vaksin kepada Presiden Joko Widodo, dan kemudian diikuti pejabat tinggi.

Editor: Sutrisman Dinah
Istimewa/handout
Vaksin Covid-19 Siap Luncur Interpol Warning Dunia, Ungkap Gerakan Mafia Menyusup Rebut Jual Vaksin 

SRIPOKU.COM ---  Proses vaksinasi Covid 19 akan dilakukan di Indonesia, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa proses tersebut akan mulai dilakukan pada Rabu (13/01/2021) pekan depan..

Presiden Joko Widodo akan mengawali proses vaksinasi perdana beserta jajaran Kabinet Indonesia Maju dan pejabat di tingkat pemerintah pusat.

"Penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan (13/01) di Jakarta, oleh Bapak Presiden Jokowi," kata Menkes Budi di Gedung Kemendagri, Jakarta, Selasa (05/01/2021).

Selanjutnya vaksinasi dilaksanakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia hari berikutnya secara serentak. Prioritas untuk vaksinasi tahap pertama ini ditujukan terhadap tenaga kesehatan.

Baca juga: Menolak Divaksin Covid-19 Kena Denda Rp5 Juta atau Kurungan

Baca juga: Badan POM Harus Transparan, Dalam Proses Pemberian Izin Edar Vaksin Covid-19 Sinovac

Budi berharap, kepala daerah dapat turun untuk melihat proses vaksinasi pada tenaga kesehatan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Kemudian pada saat penyuntikan tenaga kesehatan, tolong kepala daerah, Bapak/Ibu Gubernur, turun untuk membangkitkan confidence ke masyarakat," katanya.

Menurut Menkes, kepala daerah harus memperhatikan efek yang dirasakan usai seseorang diberikan vaksin, diantaranya merasakan pegal-pegal dan demam. Karena itu, Budi menyebut, efek samping tersebut perlu menjadi perhatian kepala daerah.

Ia meminta tenaga kesehatan tidak disuntik vaksin dalam satu waktu.

"Arahan dari Bapak Presiden, karena kemungkinan akan ada sedikit dampak, misalnya pegal sedikit, demam sedikit, jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada empat perawat, jangan sampai di hari yang sama kita vaksin semua, kita antisipasi betul efek itu, maka vaksin dulu untuk 2 orang," kata Menkes.

Baca juga: Penjualan Vaksin Covid-19 Palsu Marak di AS & Jepang Dapat Ganggu Kesehatan, Waspada Situs Gelap

Menkes Budi memberikan petunjuk agar kepala daerah mempersiapkan orang-orang yang akan mendapatkan prioritas program vaksinasi, yang akan dibagi menjadi dua tahap.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved