Breaking News:

Februari Vaksin Covid-19 Masuk Sumsel, 5,3 Juta Penduduk Jadi Target Vaksinasi

Vaksin tersebut akan didistribusikan pemerintah pusat pada bulan Januari, satu bulan kemudian baru akan didistribusikan ke kabupaten/kota

Ivan Alvarado / Reuters/aljazeera/wertakota
Seorang petugas kesehatan menerima dosis vaksin Pfizer-BioNtech di rumah sakit Pusat Posta di Santiago, Chili. 

PALEMBANG, SRIPO -- Pada Februari 2021 mendatang, vaksin Covid-19 dari pusat bakal mulai didistribusikan ke Provinsi Sumsel. Total ada sekitar 5,3 juta penduduk Sumsel yang bakal diberikan vaksin virus corona tersebut.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel Yusri menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan ke pemerintah pusat untuk kebutuhan vaksin Covid-19 mencapai 5,3 juta orang.

Kemungkinan vaksin tersebut akan didistribusikan pemerintah pusat pada bulan Januari, satu bulan kemudian baru akan didistribusikan ke kabupaten/kota di Bumi Sriwijaya.

"Tinggal tunggu juknis dari pusat, kalau dari rencana Januari sudah dikirim pusat ke kita. Pelaksanaan vaksinasinya paling cepat Februari," katanya, Senin (28/12).

Baca juga: 5,3 JUTA WARGA SUMSEL Siap-siap Divaksin Virus Corona, Bulan Februari 2021 Vaksin Covid-19 Tiba

Ia menjelaskan, pendistribusian vaksin akan dilakukan secara bertahap. Adapun masyarakat yang menjadi sasaran penerimaan vaksin mereka yang berusia 18-59 tahun. Untuk tahap pertama masyarakat yang akan diberi vaksin untuk tenaga kesehatan, kemudian pelayan publik seperti TNI Polri dan kelompok lainnya sesuai urgensi.

Menurutnya, pada prinsipnya Provinsi Sumsel telah mempersiapkan diri untuk sarana prasarana petugas yang melaksanakan vaksin.

Dinas kesehatan beserta seluruh dinas kesehatan kabupaten kota pun telah melakukan perencanaan secara rinci untuk distribusi vaksin ke masyarakat.

"Untuk tempat penyimpanan (kulkas) vaksinnya sudah ada di beberapa daerah. Kebutuhan sarana prasarana sudah siap," tegasnya.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Potensi Sedot APBN, Menkeu Sri Mulyani: Kita Itung-Itungan Jika Digratiskan Presiden

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini menambahkan vaksin dari pusat akan segera tiba dan tentunya aman digunakan kepada masyarakat, efektif, berkualitas dan halal sehingga pada saat menggunakan vaksin ini dapat bermanfaat secara optimal.

Sembari menunggu hadirnya vaksin Covid-19, Lesty meminta kepada masyarakat agar tetap patuh pada prokol kesehatan dan menerapkan 3 M memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Prokes tetap jangan kendor, pola ini sangat efektif menangkal sebaran Covid-19," ungkapnya. (oca)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved