Breaking News:

Dandim Ultimatum Perusuh Pilkada Lubuklinggau: Pasukan On Call 24 Jam

Lima Koramil di Kabupaten Musi Rawas dan tiga Koramil di Kabupaten Musi Rawas Utara sudah disiagakan siap bantu pengamanan kepolisian di lapangan.

TRIBUNSUMSEL.COM/Eko Hepronis
Komandan Kodim 0406 MLM Letkol Infanteri Erwinsyah Taufan 

LUBUKLINGGAU, SRIPO -- Komandan Kodim 0406 MLM Letkol Infanteri Erwinsyah Taufan, siap menindak tegas siapapun yang memicu kerusuhan dalam Pilkada serentak 2020 di wilayah Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

"Sekarang sudah masuk dalam tahapan Pemilukada, kita sudah kerjasama dengan kepolisian untuk meminta bantuan monitor wilayahnya masing-masing," ungkap Erwin pada wartawan, Minggu (29/11/2020).

Ia mengatakan, saat ini lima Koramil di Kabupaten Musi Rawas dan tiga Koramil di Kabupaten Musi Rawas Utara sudah disiagakan siap membantu pengamanan kepolisian dilapangan.

Baca juga: Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Di Lubuklinggau Tinggi, 11 Bulan 30 Kasus

"Saat ini kurang lebih personil baik yang ada di Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara kurang lebih berjumlah 205 personil, sejauh ini sudah siap membatu Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan pengaman," ujarnya.

Bahkan, saat ini semua anggota Koramil dan pasukan Kodim siap on call, dalam artinya bila suatu saat ada perkembangan situasi dilapangan anggota selalu siap terjun melakukan pengamanan.

Ia pun memastikan, dalam pengamanan Pilkada ini sebelum turun kelapangan semua anggota sudah menerima atensi agar bertindak sesuai prosedur, kemudian untuk masyarakatnya juga sudah diminta untuk lebih cerdas dan dewasa.

Baca juga: Debat Kandidat Kedua Pilkada Musirawas, Cabup Ratna Machmud Kembali Tak Hadir Ini Alasanya

"Kita juga minta masyarakat untuk bijaksana, dan harus memahami bahwa ini pesta demokrasi. Dikatakan pesta karena bentuk euphoria kegembiraan. Tapi jangan sampai kegembiraan ini berlebihan, sehingga menyebabkan kerugian baik personil kita dan masyarakat itu sendiri," ungkapnya.

Ia juga mengaku sebagai bentuk pencegahan sejak dini sudah melakukan pemetaan berdasarkan laporan intelijen, dan saat ini unit intel selalu menyampaikan perkembangan situasi di lapangan.

Baca juga: Video Simulasi Pam Pilkada Terapkan Prokes Ketat Masa Pandemi Covid-19

"Yang jelas ops akan mengerahkan personil sesuai data dari intel, keterangan dari mereka bahan acuan kita, kalau ada perkembangan situasi di daerah sudah kita petakan," ujarnya

Ia pun berharap, citra Kabupaten Musi Rawas Utara yang selama ini bila ada pesta demokrasi selalu ricuh dan selalu melakukan penutupan jalan di tahun ini tidak terjadi lagi.

"Jangan sampai stigma selama ini terjadi, saya yakin insyaallah tahun ini Pemilukada berjalan dengan baik, dan kita sudah minimalisirnya sedini mungkin," ungkapnya. (joy)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved