Breaking News:

Melihat Keunikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Ada 5 Underpass Jalur Khusus untuk Perlintasan 100 Gajah

Provinsi Riau resmi memiliki jalan tol, setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Bogor, Jumat (25/9/2020)

Editor: Sudarwan
Biro Pers Sekretariat Presiden
Penampakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai 

SRIPOKU.COM, PEKANBARU - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, dari Istana Bogor, meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) di Provinsi Riau, Jumat (25/9/2020) siang.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) di Provinsi Riau mulai dibangun sejak 2017.

Yang menarik dari Jalan Tol Perkanbaru-Dumai ini adalah selain diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih, juga disediakan lima Underpass Perlintasan Gajah (UPG).

"Jalan tol ini memang melewati habitat gajah di Kabupaten Bengkalis. Underpass disiapkan agar jalur jelajah gajah tidak terputus. Dengan demikian biodiversity Sumatra akan terpelihara.

Untuk merancang jalur perlintasan gajah melalui underpass tersebut, Hutama Karya berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau," kata Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, di sela-sela kegiatan peresmian Tol Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9/2020).

Underpass perlintasan gajah di tol Pekanbaru-Dumai keseluruhannya berada di seksi 4 (Kandis Utara - Duri Selatan) dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

Adapun untuk di seksi 2 (Minas–Kandis Selatan) terdapat pula Jembatan Sungai Tekuana yang kerapkali disinggahi 13 ekor gajah Sumatra karena lokasinya yang tidak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah Minas di Kabupaten Siak.

Diperkirakan underpass tol Pekanbaru-Dumai dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah.

Selain akan membuka akses darat dari Kota Pekanbaru menuju Kota Dumai dan sebaliknya, katanya, jalan tol ini diprediksi mampu merangsang geliat perekonomian di Bumi Lancang Kuning.

"Kita tahu Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dengan sumber daya yang mendominasi yakni minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Hadirnya tol ini diharapkan dapat mempermudah aksesibilitas komoditi tersebut," ungkap Budi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved