Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

AWAS Jangan Makan Prasmanan, Berikut Ini Aktivitas Masuk Kategori Berisiko Tinggi Penularan Covid-19

Ahli Epidemiologi Fakultas Kedokteran Unsri, Dr.Iche Andriyani Liberty, menjelaskan beberapa aktivitas yang berisiko tinggi penularan Covid-19

Kompas.com
Ilustrasi penularan Virus Covid-19 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Tidak hanya olahraga, ternyata beberapa aktivitas juga termasuk dalam kategori tinggi resiko penularan Covid-19.

Ahli Epidemiologi Fakultas Kedokteran Unsri, Dr.Iche Andriyani Liberty, SKM., M.Kes menjelaskan bahwa menurut penelitian Texas Medical Association, terdapat beberapa contoh aktivitas yang berisiko tinggi terhadap penularan Covid-19.

Seperti halnya makan dengan cara prasmanan, olahraga gym, pergi ke taman hiburan, pergi menonton film di bioskop, dan menghadiri konser musik besar.

Kegiatan lainnya yang berisiko tinggi penularan yaitu pergi ke stadium olahraga, menghadiri kegiatan agama dengan lebih dari 500 jamaah, dan pergi ke bar atau club.

Menurutnya kegiatan tersebut akan sangat berisiko jika tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Karena kegiatan tersebut dapat menciptakan kerumunan, tidak menjaga jarak bahkan ada saja yang tidak memakai masker," ujarnya.

Senam di Taman Kota Termasuk dalam Kategori Penularan Risiko Tinggi Covid-19

Ikut Membantu Landaikan Curva Penularan Covid-19, OVO Inisiasi Luncurkan Aplikasi Peduli Lindungi

Sedangkan jaga jarak, menghindari kerumunan dan memakai masker adalah perilaku dasar yang harus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Iche juga menjelaskan bahwa aktivitas yang masuk dalam kategori sedang hingga tinggi penularan adalah seperti pergi ke salon atau barbershop, makan di restoran (ruangan), menghadiri acara pernikahan atau pemakaman, dan jalan-jalan dengan pesawat.

Olahraga bermain bola basket dan bola kaki, berpelukan atau berjabat tangan ketika bertemu orang lain juga menjadi aktivitas sedang hingga tinggi potensi penularan Covid-19.

Massa Dibiarkan Berkerumun, Potensi Terjadi Penularan Covid-19

Boleh Saja Makan di Restoran Asalkan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan Agar Terhindar dari Penularan

Beberapa Kiat Mencegah Penularan Covid-19 Bagi Penderita Diabetes, Tekanan Darah Tinggi, dan Jantung

"Kita harus ingat bahwa pandemi ini masih belum terkendali," ujarnya.

Iceh menyarankan beberapa aktivitas yang termasuk dalam rendah penularan Covid-19, yaitu seperti membuka surat atau paket, makan dari restoran pesan antar, mengisi bensin olahraga tenis, dan pergi berkemah.

"Lebih baik banyak melakukan aktivitas yang tetap mengutamakan protokol kesehatan, dan yang termasuk dalam rendah resiko penularan," ujarnya.

Penulis: maya citra rosa
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved