Herman Deru Janji Bangun Pasar Induk di Muratara, Kasihan Uang Masyarakat Banyak Keluar Daerah

Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Syarif Hidayat meminta Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) membangun pasar induk di daerahnya.

Editor: Refly Permana
tribunsumsel.com/rahmat
Peletakan batu pertama pembangunan stadion mini di Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sabtu (12/9/2020). 

SRIPOKU.COM, MURATARA - Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Syarif Hidayat meminta Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) membangun pasar induk di daerahnya.

"Pak Gubernur, kami belum punya pasar induk, kami minta Pak Gubernur yang bangun," kata Syarif Hidayat saat Gubernur Herman Deru ke Muratara, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Syarif, salah satu indikator angka kemiskinan di Kabupaten Muratara masih tinggi karena belum memiliki pasar induk.

Ketua MPR Minta Pilkada 2020 Jangan Dipaksakan untuk Digelar, Kasus Virus Corona Terus Meningkat

Hal itu lantaran perputaran uang masyarakat Muratara hanya sedikit berada di dalam daerah, melainkan banyak ke luar daerah.

"Uang kita banyak masuk ke Jambi, bukan ke dalam daerah kita sendiri, karena masyarakat kita belanja ke Singkut (Sarolangun Jambi)."

"Kalau kita bangun pasar induk di Muratara, maka perputaran uang itu ya di sini, sehingga angka kemiskinan kita bisa menurun, itu berdasarkan hasil survei," kata Syarif.

Menurutnya, pasar induk tersebut paling tepat dibangun di wilayah ibukota Kabupaten Muratara, yakni di Muara Rupit, karena berada di tengah-tengah daerah.

Mengamuk & Depresi Ditahan Karena Kasus Narkoba, 2 WNA Akhirnya Dirawat di RS Bhayangkara

Selain meminta pasar induk, Bupati Syarif Hidayat juga meminta Gubernur Herman Deru membangun jalan poros Kecamatan Ulu Rawas.

"Tolong juga Pak bangun jalan kami dari Simpang Surulangun sampai Desa Kuto Tanjung, kami sudah memulai pakai APBD, tapi tidak cukup," ujarnya.

Diungkapkan Syarif, jalan poros Kecamatan Ulu Rawas tersebut sepanjang 31 kilometer, namun yang masih rusak parah tinggal sekitar 15 kilometer lagi.

"Kalau jembatan di jalan poros Kecamatan Ulu Rawas itu sudah kita bangun permanen semua, tahun kemarin dan tahun ini," ujarnya.

Saking Banyaknya Gumpalan Asap, Langit Pagi Hari Bewarna Oranye, Sinar Matahari Sulit Menembus

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan keuangan kabupaten memang sangat minim sehingga dirinya siap membantu Pemkab Muratara.

Menurut dia, Kabupaten Muratara sebenarnya bukan daerah yang memiliki rakyat miskin tertinggi, tetapi daya belinya yang mahal.

"Karena tidak punya pasar induk, uang itu menjadi berputar ke tempat lain, bukan di dalam daerah ini, karena masyarakat belanja ke luar daerah," kata Herman Deru.

Oleh sebab itu, Pemprov Sumsel akan menyalurkan bantuan untuk pembangunan pasar induk di Bumi Beselang Serundingan ini.

Seorang Pria di Riau Mengaku Jadi Pembunuh Yodi Prabowo, Polisi Turun Tangan & Beberkan Faktanya

"Saya jawab permintaan masyarakat Muratara untuk membangun pasar induk, saya perintahkan Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, tahun depan harus dibangun di sini," tegas Gubernur.

Terkait permintaan pembangunan jalan poros Kecamatan Ulu Rawas, Herman Deru langsung meminta Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumsel untuk mencatatnya.

"Insyaallah tahun 2021 kita pikirkan, saya sudah minta Dinas PU mencatatnya, yang jelas Muratara tetap kami perhatikan sama seperti kabupaten kota lain di Sumsel," katanya.

Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved