Breaking News:

Virus Corona

Nonton Rhoma Irama Manggung di Acara Khitanan, 500 Warga akan Dilakukan Rapid Test Hingga Swab

Ke-500 warga itu hadir di lokasi manggungnya Rhoma Irama, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Instagram/rhoma_official
Rhoma Irama - Virus Corona 

SRIPOKU.COM, BOGOR - Sebanyak 500 penonton Raja Dangdut Rhoma Irama di Bogor, Jawa Barat akan dilakukan rapid test hingga tes usap tenggorokan (swab) .

Tes akan digelar pada Selasa (7/7/2020) oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

Ke-500 warga itu hadir di lokasi manggungnya Rhoma Irama, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Iya betul (jumlah hasil tracing), untuk pelaksanaannya hari Selasa kita sudah menyiapkan 500 tes," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Mike Kaltarina saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/7/2020).

Tembus 60.695 Kasus Covid-19 di Indonesia, Waspada Klaster Keluarga, Pasar, dan Lingkungan Kerja!

UPDATE 3 Juli 2020, Covid-19 di Sumsel Bertambah 36 Kasus, Total 2156 Orang Positif Corona

Dia menyebutkan, nantinya tes itu hanya akan dilakukan kepada pihak penyelenggara, tamu undangan, serta warga sekitar yang ikut menonton untuk mengetahui apakah mereka terindikasi Covid-19.

"(500) berdasarkan tracing keluarga, penyelenggara, tetangga yang terlibat, dan tamu undangan berdasarkan data tracing gugus tugas tingkat desa," ungkapnya.

Raja dangdut Rhoma Irama saat menghadiri undangan hajatan sambil menyumbangkan beberapa lagu di hadapan masyarakat di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/6/2020) sore.
Raja dangdut Rhoma Irama saat menghadiri undangan hajatan sambil menyumbangkan beberapa lagu di hadapan masyarakat di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/6/2020) sore. (Kompas.com/HO)

Mekanisme pelacakan ini dilakukan dengan mengerahkan gugus tugas tingkat desa hingga kecamatan serta tim Satgas Siaga Corona (Sisca).

Dia menambahkan, jumlah itu didapat berdasarkan data dari yang hadir dalam acara khitanan yang diselenggarakan oleh seorang warga Desa Cibunian, yakni Surya Atmaja.

Meski begitu, Mike menyebut bahwa Rhoma Irama tidak termasuk untuk dites karena bukan warga Kabupaten Bogor.

Namun, Mike belum dapat menjelaskan apakah warga luar Bogor akan ikut dites juga.

Intip Payudara Pengunjung Diam-Diam Lewat CCTV, Berikut Fakta-Fakta Pegawai Starbucks

Update Kasus Pelecehan Via Kamera CCTV di Starbucks Sunter, Polisi Panggil Korban Lewat Handphone

"Masih berbagi pemeriksaan untuk sasaran lainnya, jadi untuk Rhoma Irama tracing sesuai KTP," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, untuk mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 di lokasi acara sunatan atau manggungnya Rhoma Irama di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (28/6/2020) sore, Tim Gugus Tugas Kabupaten Bogor akan menggelar rapid test secara massal kepada penonton yang hadir di lokasi.

"Iya (menghindari penularan), jadi akan ditindaklanjuti dengan melakukan rapid test (kepada penonton)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Dia menyebutkan, tes Covid-19 itu bersifat wajib, tak terkecuali pihak penyelenggara yang mengundang Rhoma Irama tampil bernyanyi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul  "500 Penonton Rhoma Irama di Bogor Akan Dites Covid-19"Penulis : Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan

Editor: Sudarwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved