Virus Corona di Sumsel

Palembang Masih di Zona Oranye Covid-19, bukan Zona Merah, Begini Penghitungan Dinkes Kota

status zona administrasi wilayah penyebaran kasus Covid-19 atau Virus Corona Palembang masih berada di posisi zona oranye.

Shutterstock
Ilustrasi Virus Corona 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Palembang, Yudhi Setiawan, mengungkapkan bila status zona administrasi wilayah penyebaran kasus Covid-19 atau Virus Corona Palembang masih berada di posisi zona oranye.

Dijelaskannya, setiap dua minggu sekali pihaknya akan melakukan perhitungan kategorisasi resiko kenaikan kasus yang terbagi menjadi empat zona.

Zona tersebut, yakni merah (zona resiko tinggi) skor 0 - 1,8, orange (zona resiko sedang) skor 1,9 - 2,4, kuning (zona resiko rendah) 2,5 - 3,0 dan hijau (zona tidak terdampak) tidak tercatat kasus Covid-19 positif.

Derby Sumsel Jadi Perhatian Gelandang Bertahan Sriwijaya FC, Dedy Irwandy

"Dari hasil perhitungan dari gugus tugas Covid-19 tingkat pusat. Ternyata setelah kami hitung sampai dengan data tanggal 27 Juni skoringnya masih 1,9. Artinya masuk zona orange (resiko sedang)," jelasnya, Rabu (1/7/2020).

Yudhi menambahkan, bila penghitungan zona daerah dilakukan berdasarkan 15 indikator utama, meliputi kesehatan masyarakat yang terbagi menjadi 11 indikator epidemiologi.

Serta dua indikator surveilans kesehatan masyarakat, dan dua indikator pelayanan kesehatan.

Berdasarkan data sebaran hingga 30 Juni ini, kasus terkonfirmasi 1.360 atau bertambah 12 kasus, sembuh 573 atau bertambah 3 orang, dan meninggal dunia 62 atau bertambah 1 orang.

Tak Kuat Kesepian, Barbie Kumalasari Campakkan Galih Ginanjar, Ngaku Punya Pacar Baru, Nekat Cerai!

Sementara itu Plt Kepala Dinkes Kota Palembang, dr Fauziah, menambahkan untuk mencegah klaster baru pada prinsipnya akan melakukan sistem tracing dan pemeriksaan pada orang yang memiliki kontak erat dengan pasien positif kurang dari satu meter tanpa APD maka akan ada pemeriksaan lanjutan laboratorium.

"Semakin cepat kita tahu, maka semakin cepat akan ditangani. Ya, pengobatan dan dikarantina juga makin cepat, sehingga tidak menularkannya ke orang lain," katanya.

Ia menyebutkan bila Kota Palembang berdasarkan evaluasi terakhir masih berada di zona oranye.

Melemah, Berikut Nilai Tukar Rupiah Hari Rabu 1 Juli 2020 di 5 Bank

Namun, perubahan zona sesuai jumlah kasus Covid-19 bersifat fluktuatif.

"Zona ini masih bisa berubah tergantung jumlah kasus. Tapi hasil evaluasi dari 14 indikator kemarin kita masih di zona oranye. Kalau dari Pusat update evaluasi zona ini dilakukan per satu Minggu," tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved