Berita Muba

Satuan Gugus Tugas Covid-19 Muba Keluarkan Surat Edaran, Sholat Ied dan Takbiran di Rumah Saja

Satgas penanganan Covid-19 bersama Kementerian Agama Muba dan Majelis Ulama Indonesia sepakat memperbolehkan takbir dan sholat ied di rumah.

Penulis: Fajeri Ramadhoni | Editor: Tarso
SRIPOKU.COM/Fajeri Ramadhoni
Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Agama dan MUI dab Pemkab Musi Banyuasin mengeluarkan surat edaran yang mengimbau agar pelaksanaan takbiran dan shlat ied dilakukan di rumah saja. 

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Tidak terasa sebentar lagi bulan suci ramadan 1441 H akan segera selesai dan hari raya Idul Fitri akan segera datang.

Di tengah Pandemi Covid-19, Satgas penanganan Covid-19 bersama Kementerian Agama Muba dan Majelis Ulama Indonesia sepakat memperbolehkan umat islam untuk melakukan takbiran dan sholat Ied di rumah bersama keluarga inti.

Kesepakatan memperbolehkan menggelar takbiran dan sholat ied di rumah bersama keluarga inti diikuti dengan penerbitan Surat Seruan Bersama mengajak umat muslim Muba melaksanakan takbiran dan Sholat Idul Fitri 1441 H di rumah masing-masing.

Tatacara pelaksanaan takbir dan shaolat Ied mengikuti edaran dari Kemenag RI.

Para pemangku kepentingan tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan umat Seruan ini tertuang dalam surat Nomor: 400/420/III/2020, Nomor: B-993/KK.06.04.1/HM/00/05/2020, Nomor: 09/DP-MUI/Muba/V/2020 Tentang Penyelenggaraan Takbiran dan Sholat Idul Fitri 1441 H/2020 M di Kabupaten Muba di Tengah Pandemi Wabah Covid-19.

"Langkah kita selaras dengan keputusan Pemerintah Pusat. Di tengah wabah covid-19 ini tetap diperbolehkan melaksanakan takbiran dan Sholat Ied sendiri-sendiri maupun berjamaah bersama keluarga di kediaman masing-masing," kata Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex, Selasa (19/5/20).

Program Gadai Peduli Bagikan Masker dan Paket Sembako kepada Ikatan Pemuda Muhammadiyah

Seminggu Tim MRI ACT Berjibaku di Lokasi Banjir Bandang OKU Timur untuk Menyalurkan Bantuan Sembako

Polres Musirawas Datangi Warga Suku Anak Dalam dan Bagikan Bantuan Sembako

Keputusan diambil usai menggelar video conference bersama Kapolda Sumsel di command centre Polres Musi Banyuasin, Selasa (19/5).

Seruan bersama ini sebagai upaya meminimalisir serta memutus mata rantai penularan wabah covid-19 di Muba.

"Kita ketahui bersama bahwa pandemi covid-19 masih terjadi. Kita berharap dengan seruan bersama ini umat muslim di Muba tetap menjalankan ibadah dengan khusyuk dan tetap menjaga kesehatan diri dan bersatu melawan penyeberan covid-19 di bumi Serasan Sekate yang kita cintai," ungkapnya.

Sementara, Kakanwil Kemenag Muba, H Subrata mengajak semua umat muslim di Muba untuk mengikuti seruan bersama tersebut.

"Mari kita melaksanakan ibadah takbiran dan Sholat Ied di rumah masing-masing bersama keluarga demi memutus rantai penularan covid-19," ajaknya.

Ketua MUI Muba H Thamrin Nawawi juga mengatakan, dengan Seruan Bersama tersebut umat muslim di Muba dapat melaksanakan ibadah lebih khusyuk dan akan terhindar dari potensi penularan wabah Covid-19 baik bagi keluarga dan juga kepada sanak saudara kita lainnya

"Seruan ini kita ambil demi kebaikan kita bersama, dan mari kita melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani," bersama keluraga dirumah masing masing,”jelasnya. (dho)

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved