Berita Pagaralam

Pemkot Pagaralam Minta Warga Social Distancing, Lapor ke Puskesmas Bagi Warga yang Baru Datang

Pemkot Pagaralam Minta Warga yang Baru Datang dari Kawasan Terpapar Corona Lapor ke Puskesmas

SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Cegah Covid-19 Masuk ke Pagaralam, Walikota Pagaralam Lakukan Ini Hingga Cek Kesiapan RSUD Besemah 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

Pemkot Pagaralam Minta Warga yang Baru Datang dari Kawasan Terpapar Corona Lapor ke Puskesmas

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam terus berupaya melakukan pencegahan masuknya wabah Virus Corona (COVID-19) diwilayah Kota Pagaralam.

Berbagai upaya dilakukan, mulai dari melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang angkutan umum yang masuk ke Pagaralam.

Namun tidak itu saja, bahkan pihak Puskesmas Sidorejo Kota Pagaralam mengeluarkan himbauan melalui media sosial agar siapa saja masyarakat yang ada dikawasan Kelurahan Sidorejo, Tebat Giri Indah, Tanjung Agung, Tumbak Ulas, Besemah Serasan dan Ulu Lurah untuk dapat melaporkan jika ada warganya yang habis berpergian dari luar kota dan luar negeri.

Masyarakat diharapkan dapat melaporkan warga tersebut ke aparat desa setempat dan memeriksakan diri kepuskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat. Pasalnya orang yang dari bepergian tersebut sudah menjadi ODP dalam masa Social Distancing.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pagaralam, Desi Elviani melalui Sekretaris Dinkes, M Taswin mengatakan, himbauan pihak Puskes tersebut sangat beralasan pasalnya selama 14 hari kedepan untuk ODP mohon jangan keluar rumah dulu, untuk menjaga kemungkinan terburuk.

"Pasalnya jika dalam masa 14 hari ada keluhan segera hubungi puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat," ujarnya.

Pihaknya juga mohon bantuan kepada seluruh lurah beserta jajaranya di wilayah kerja masing-masing untuk berperan serta aktif mendukung Social Distancing atau himbauan di rumah saja untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 ( CORONA ) di Pagaralam.

"Kepedulian kita bisa menyelamatkan banyak nyawa demikian juga sebaliknya ketidak tahuan kita bisa mengancam ribuan nyawa. Untuk itu mari kita sama-sama bersinergi melawan wabah ini," kata Taswin membaca himbauan tersebut.

Pihaknya berharap dengan kesadaran masyarakat bencana ini tidak sampai di Pagaralam dan segera berakhir.

"Segera terapkan Social distancing, cuci tangan pakai air mengalir dan sabun bila cuci tangan tidak memungkinkan baru menggunakan hand sanitizer serta perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ), makan makanan yang bergizi serta menjaga imun diri bila perlu dengan menggunakan suplemen makanan disiplin diri jaga imunitas," ajaknya

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved