Empat ASN di Muratara Positif Narkoba, Begini Nasib Mereka

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan tes narkoba melalui sampel urine terhadap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN)

tribunsumsel.com/rahmat aizullah
Tes narkoba melalui sampel urine terhadap ASN di lingkungan Pemkab Muratara. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Rahmat Aizullah

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan tes narkoba melalui sampel urine terhadap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tes urine yang dilakukan secara bertahap ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Muratara.

Dari 2.000 orang lebih pegawai berstatus ASN di lingkungan Pemkab Muratara, baru 800 orang yang sudah dilakukan tes urine.

Dua Pramugari NAM Air Mendadak Dites Urine di Bandara Silampari Lubuklinggau

"Dari 800 orang yang sudah diambil sampel urinenya, ada empat orang yang positif narkoba," kata Ketua BNK Muratara, Gunadi dihubungi Tribunsumsel.com, Jumat (27/12/2019).

Ia mengatakan, tindak lanjut dari hasil tes urine keempat oknum ASN yang positif narkoba tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab Muratara.

Gandeng Sat Narkoba Polres Lahat, PT GGB Lakukan Tes Urine Ratusan Karyawan dan Subkontraktor

"Hasil dari tes ini kami serahkan kepada bapak bupati bagaimana tindak lanjutnya. Kami menunggu instruksi dari pak Bupati, mau direhab atau bagaimana," kata Gunadi.

Ia meminta kepada Sekda Kabupaten Muratara agar tegas kepada ASN yang kurang mendukung kegiatan tes urine yang dilakukan tim BNK Muratara.

"ASN di Muratara ini ada 2.000 orang lebih, tapi baru 800 orang yang sudah dites urine. Masih banyak yang belum, banyak yang enggan dites, makanya kami minta pak Sekda tegas," ujarnya.

Sekda Kabupaten Muratara, Alwi Roham mengatakan, tindak lanjut dari keempat oknum ASN yang positif narkoba tersebut akan dibahas terlebih dahulu bersama Bupati Muratara.

Sebanyak 23 Anggota Sat Narkoba Polres Muaraenim Termasuk Kasatnya Dites Urine Secara Mendadak

"Hasilnya ini dilaporkan kepada pak bupati dulu, nanti akan kita adakan rapat bersama pak bupati. Barulah pak bupati yang memberi keputusan," kata dia.

Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada seluruh ASN agar mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Muratara dalam pemberantasan narkoba di lingkungan ASN.

"Sudah sering kali kami sampaikan, bagi ASN yang belum tes urine silahkan tes. Kalau tidak menggunakan narkoba mengapa harus takut, tes saja, ini program pak bupati dan wakil bupati," tegasnya. (cr14)

Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved