Berita PALI

Komunitas Guru Digital Kabupaten PALI Sabet Juara 1 Tingkat Nasional kompetisi Doing Good Challenge

Komunitas Guru Digital ini menjadi juara tingkat nasional usai mengikuti kompetisi Doing Good Challenge.

SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA/Handout
Akbar dan Ranita mewakili Komunitas Guru Digital Kabupaten PALI menerima penghargaan sebagai juara 1 tingkat nasional. 

SRIPOKU.COM, PALI -- Komunitas Guru Digital atau Digital Education Community yang berasal dari Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berhasil menorehkan prestasi terbaik, dengan menyabet Juara 1 tingkat nasional.

Komunitas Guru Digital ini menjadi juara tingkat nasional usai mengikuti kompetisi Doing Good Challenge yang diselenggarakan oleh Indorelawan dan Paragon Technology and Innovation.

Mereka mengedepankan Ide Proyek sosial dengan melatih guru membuat konten pembelajaran interaktif.

Diinisiasi oleh Muhammad Akbar Rafsanzani (SD Negeri 3 Abab) dan Ranita Sari (SMA Negeri 1 Talang Ubi) berfokus dalam pengintegrasian teknologi di sekolah dengan menerapkan dua nilai utama yaitu #SharingStory dan #TeacherEmpowerment, berbagi inspirasi dan berdaya bersama.

Akbar mengatakan dari 380 lebih ide aksi sosial baik di seluruh Indonesia, Digital Education Community berhasil masuk menjadi 12 besar ide inovatif dan solutif dan keluar sebagi juara.

Menurut dia, dengan proyek sosial bertajuk Teaching Challenge Video, pelatihan pembuatan bahan ajar digital berbasis video, ia bersama rekannya Ranita selaku inisiator berangkat ke Jakarta guna mendapatkan mentoring mengenai pelaksanaan proyek sosial.

"Saya dan Buk Ranita mewakili komunitas mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerjasama para relawan dan peserta Teaching Challenge Video hingga mendapatkan predikat juara 1 tingkat nasional," ungkap Akbar usai menghadiri penganugerahan juara pada kegiatan Festival Relawan di Kuningan City Mall, Sabtu (14/12/2019) malam kemarin.

Akbar mengaku selama 4 hari di Jakarta, mereka mendapatkan pelatihan mengenai menemukan visi-misi komunitas yang dibangun (logical framework), kepemimpinan (mindful leadership), pendanaan (fundraising), mengembangkan komunitas (scale up community) dan managemen relawan (volunteer management).

Selanjutnya, tahap implementasi, dirinya melaksanakan ide aksi sosial di wilayah Kabupaten PALI.

Dimana, Teaching Challenge Video merupakan rangkaian aksi baik untuk meningkatkan kesadaran akan pemanfaatan teknologi di sekolah.

Halaman
123
Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved