Liputan Eksklusif

Ancam Eksistensi KBIH

Dari sisi calon jemaah haji, saat ini sebagian besar galau dan tak tahu harus kemana, bahkan sampai saat ini ada yang belum mendaftarkan diri

Penulis: Husin | Editor: Soegeng Haryadi
SRIPOKU.COM/HUSIN
Jemaah Haji Kloter 2 asal KBIH Varita Pusri diterbangkan menuju Madinah, Arab Saudi 

PALEMBANG, SRIPO -- Dari perbincangan Sripo dengan Varita Pusri, Annamirah, dan Iqra semua menilai Keputusan SK Dirjen PHI No 131 Tahun 2019 merugikan pihak KBIH. Menurut Rawani dari IGM, hubungan kemitraan antara KBIH dengan pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama selama ini sudah berjalan dengan baik. Misalnya dalam pengkloteran, pihak penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag selalu berkoordinasi dengan KBIH, sehingga dihasilkan susunan jemaah dalam satu kloter yang nyaman bagi semua pihak dan keberlangsungan proses pemberian bimbingan oleh KBIH tetap terjaga sejak keberangkatan hingga pemulangan haji.

“KBIH mempunyai peluang besar dalam memaksimalkan perannya dalam penyelenggaraan ibadah haji. Namun pengurus KBIH dikejutkan dengan dikeluarkannya Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Ahji dan Umrah (PHU) nomor 131 Tahun 2019, Pedoman Pengisian Kelompok Terbang Berbasis Zonasi/Wilayah,” katanya.

Ratusan Jemaah Haji Satu Alamat, Nebeng ke Alamat Palembang

Sekretaris Forum Komunikasi KBIH H Feri Munadar menilai, dalam keputusan tersebut ada diktum yang dikhawatirkan akan mereduksi peran KBIH yang sudah melakukan bimbingan selama 15 kali pertemuan kepada calon jemaah haji sejak beberapa bulan sebelum berangkat ke Tanah Suci, yaitu diktum yang menyebutkan bahwa nominatif kloter disusun berdasarkan kabupaten/kota yang diurutkan perkecamatan sesuai kode pos dan nomor porsi dalam satu kode pos.

“Dengan pola semacam ini, lmaka jemaah yag sudah tergabung dalam satu KBIH tidak bisa bersatu dalam satu kloter, melainkan terpencar-pencar sesuai dengan wilayah domisili," katanya.

Disisi lain, H Adi, pengurus Forkom KBIH lainnya mengatakan, dengan turun SK Dirjen PHU Kementrian Agama RI Nomor 131 yang dinilai merugikan tersebut, maka KBIH minta kepada Dirjen PHU, antara lain agar menunda penerapan pengkloteran berbasis zonasi/membatalkannya atau wilayah khususnya menyangkut nominatif kloter, serta meminta kepada Dirjen PHU untuk mengkaji lebih lanjut tentang nominatif kloter dan melakukan simulasi terlebih dahulu di setiap wilayah.

Dari sisi calon jemaah haji, saat ini sebagian besar galau dan tak tahu harus kemana, bahkan sampai saat ini ada yang belum mendaftarkan diri mau ikut bimbingan KBIH mana, terlebih KBIH yang akan dituju tidak beralamat yang sama. Disisi lain, jadwal manasik yang berdasarkan zonasi yang ditetapkan Kantor Kemenag Palembang dinilai tidak efektif karena dilakukan saat jam kerja.

"JUjur saja, sampai saat ini kami bingung dan tak jelas. Kami saat di konfirmasi keberangkatkan di Kamenag Kota, diarahkan ke manasik jamaah haji mandiri. Kita ketahui, kalau mandiri kita sendiri yang berusaha tanpa pembimbing di Arab Saudi. Masalahnya, kami ini belum pernah berhaji," kata Riza (43), warga Kecamatan Alang-Alang lebar.

Sementara Ketua KBIH AR-Raudha Drs H Ayik Ali Idrus kepada sripo membenarkan kondisi psikologis jemaah haji saat ini. Ia juga tidak mengingkari di KBIH yang dikelolah saat ini banyak calon jemaah haji berasal dari berbagai kecamatan di KOta Palembang. Sedangkan alamat KBIH-nya sendiri di Jalan Veteran Kecamatan Ilir Timur II.

"Saya ngomong ke calon jemaah haji. Kalian tidak perlu galau memikirkan isu yang berkembang saat ini. Ikut menasik saja. Jika memang harus kembali ke perkecamatan, silahkan. Uang manasik yang dibayarkan, akan saya kembalikan utuh," kata Ayik Ali Idrus. (sin)

Daftar Zonasi Manasik Haji Mandiri

Zona 1
Kecamatan Plaju
Kecamatan Seberang Ulu I
Kecamatan Seberang Ulu II
Kecamatan Kertapati
(Manasik di Masjid Azhariyah 1)

Zona 2
Kecamatan Ilir Timur II
Kecamatan Kalidoni
Kecamatan Sematang Borang
Kecamatan Sako
(Manasik di Masjid Adha)

Zona 3
Kecamatan Ilir Timur I
Kecamatan Kemuning
Kecamatan Sukarami
Kecamatan Alang-Alang Lebar
(Kecamatan di Masjid Almaghfiroh Asrama Haji)

Zona 4
Kecamatan Ilir Barat I
Kecamatan Bukit Kecil
Kecamatan Gandus
Kecamatan Ilir Barat II
(Manasik di Masjid Mahmudiyah)

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved