Rafli dan Firza Cedera Kaki, Terancam Absen Lawan Vietnam

Firza, pemain kelahiran Medan 20 tahun yang lalu, harus menepi saat Garuda Muda—julukan Indonesia U-23—memukul Singapura 2-0

Rafli dan Firza Cedera Kaki, Terancam Absen Lawan Vietnam
SRIPOKU.COM/ANTON
Head to Head Timnas Indonesia Vs Timnas Vietnam 

Bek sayap kiri dan striker timnas Indonesia U-23, Firza Andika serta Muhammad Rafli berpotensi absen pada laga melawan Vietnam, Minggu (1/12) besok. Keduanya mengalami cedera di bagian pergelangan kaki kiri. Kondisi mereka terus dimonitor.

Firza, pemain kelahiran Medan 20 tahun yang lalu, harus menepi saat Garuda Muda—julukan Indonesia U-23—memukul Singapura 2-0 dalam lanjutan babak penyisihan Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019, Kamis malam lalu.

Perannya di babak kedua digantikan Dodi Alekvan Dijin. Sedangkan Rafli, atlet asal Malang, Jawa Timur, sudah ditarik pelatih Indonesia U-23, Indra Sjafri pada menit ke-30 di pertandingan yang sama.

Rafli, jebolan Aji Santoso International Football Academy atau Asifa, harus melapangkan jalan untuk “deputinya”, Osvaldo Haay. Osvaldo lantas tampil sebagai bintang lapangan. Ia menyumbang satu gol dan satu assist buat Garuda Muda.

Hasil tersebut membuat Indonesia bercokol di urutan kedua dengan nilai enam (+4), cuma kalah selisih gol dari Vietnam (+11), pemuncak klasemen sementara grup B.

Artinya, duel kontra Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Kota Manila, Filipina, hari Minggu besok kemungkinan besar menentukan siapa yang lolos ke semifinal sepak bola SEA Games 2019 sebagai juara grup.

Bila imbang atau bahkan menang, Garuda Muda akan di atas angin mengingat dua laga pamungkas mereka cuma bertemu Brunei Darussalam dan Laos. Sedangkan Vietnam, yang pada SEA Games 2017 tak lolos dari fase grup, masih bertemu Singapura dan Thailand.

Meski demikian, pelatih Indonesia Indra Sjafri terancam kehilangan keleluasaan dalam memilih pemain lantaran kondisi Firza dan Rafli.

“Keduanya Firza dan Rafli, kena sprain engkel kiri,” ujar dokter timnas Indonesia, Syarif Alwi kepada Tribun Network, Jumat (29/11) siang.

Biasanya, pemain yang mengalami cedera tersebut butuh waktu selama dua minggu untuk kembali berlatih. Tapi Syarif enggan mengambil kesimpulan. Ia akan memonitor kondisi Firza dan Rafli dari hari ke hari. Mereka harus beristirahat, dikompres, dan difisioterpi.

Halaman
123
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved