Breaking News:

Buya Menjawab

Salam Sebelum Empat Raka'at

Kami sholat yang mestinya empat raka’at, imam baru tiga raka’at sudah mengucapkan salam, padahal belum sempat kami beritahu imam tersebut sudah keluar

SRIPOKU.COM/Anton
Ilustrasi - Sholat Berjamaah. 

Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA di masjid kami sholat yang mestinya empat raka’at, imam baru tiga raka’at sudah mengucapkan salam, padahal belum sempat kami beritahu imam tersebut sudah keluar dari masjid. Bagaimana hukumnya Buya, mohon penjelasan. Terimakasih.
0812 7109xxxx

Kehidupan di Akhirat

Bagaimana Menikmati Ibadah dan Tidak Beban?

Jawab:
Wa’alaikumussalam.Wr.Wb.
DALAM aturan sholat berjama’ah, apabila ada kekeliruan yang dilakukan imam, maka makmum yang berdiri persis dibelakang imam memberitahukan kekeliruan tersebut dengan mengucapkan Tasbih SUBHAANALLAH. Apabila imam menyadarinya, imam akan menambah satu raka’at lagi dan makmum mengikutinya. Sebelum salam imam sendiri yang melakukan sujud sahwi dua kali sujud dan setelah imam salam ke kanan dan ke kiri makmum mengucapkan salam.

Dalam kasus di masjid bapak karena makmum dibelakang imam tidak memberikan peringatan dengan mengucapkan Tasbih, padahal imam sudah pergi, sedangkan makmum meyakini bahwa sholat yang dipimpin imam kurang satu raka’at, maka makmum yang masih berada di masjid mengulangi sholatnya.

Empat raka’at dengan niat I’aadah (mengulang); lapaz niatnya adalah USHOLLI FARDHOL ZUHRI ARBA’A ROKA’ATIN MUSTAQBILAL QIBLATI I’AADAH LILLAHI TA’ALA. Niat dalam hatinya; Aku sholat zuhur empat raka’at menghadap kiblat mengulang karena Allah.

Nabi Muhammad Saw. pernah mengucapkan salam dalam sholat zuhur padahal baru dua raka’at, setelah dikasih tau oleh Dzul Yadain (bahwa Rasulullah Saw. baru menyelesaikan dua raka’at), lantas beliau menyempurnakan sholat empat raka’at dan sujud sahwi dua kali. (H.R.Muttafaq Alaih dari Abu Hurairah-Nailul Autthar,Jilid III., hlm.107)

Demikian jawaban pertanyan bapak.

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Keterangan:
Konsultasi agama ini diasuh oleh Buya Drs H Syarifuddin Yakub MHI.
Jika Anda punya pertanyaan silahakan kirim ke Sriwijaya Post, dengan alamat Graha Tribun, jalan Alamasyah Ratu Prawira Negara No 120 Palembang. Faks: 447071, SMS ke 0811710188, email: sriwijayapost@yahoo.com atau facebook: sriwijayapost

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved