Tak Serius Pasti Saya Copot

Jokowi meminta semua menteri, pejabat, dan birokrat serius bekerja. Bila ada pembantunya yang tidak serius, Jokowi akan memecatnya.

Tak Serius Pasti Saya Copot
(KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)
Presiden Joko Widodo 

PALEMBANG, SRIPO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi dilantik untuk memimpin negara pada periode kedua. Dia bakal memecat menteri dan pejabat yang tak serius bekerja.

"Saya juga minta kepada para menteri, para pejabat, dan birokrat agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan," kata Jokowi dari mimbar pelantikan presiden di ruang sidang paripurna, gedung Nusantara, kompleks parlemen, Minggu (20/10/2019).

Jokowi meminta semua menteri, pejabat, dan birokrat serius bekerja. Bila ada pembantunya yang tidak serius, Jokowi akan memecatnya.

"Bagi yang tidak serius, saya tidak akan memberi ampun. Saya pastikan, pasti saya copot," kata Jokowi.

Untuk periode keduanya, Jokowi ingin mewujudkan lima hal. Pertama, membangun sumber daya manusia (SDM). Kedua, membangun infrastruktur. Ketiga, menyederhanakan regulasi. Keempat, menyederhanakan birokrasi. Kelima, transformasi ekonomi.

Salah satu prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam 5 tahun ke depan adalah memangkas birokrasi. Cara ekstrem diambil, yaitu dengan menyederhanakan eselonisasi.

"Penyederhanaan birokrasi harus terus kita lakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan," kata Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato pertamanya sebagai Presiden RI 2019-2024 saat sidang paripurna MPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Dia menegaskan birokrasi yang panjang harus dipangkas.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa nggak kebanyakan?" ucapnya.

Jokowi meminta eselonisasi disederhanakan. Hasilnya, nanti eselonisasi cuma dua level. Apa gantinya?

Halaman
12
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved