Lapor Mang Sripo

Error Data Bapenda, Kok Bisa?

Saya mau laporkan adanya kesalahan pen­ce­takan STNK kendaraan motor saya yang sudah tiga kali mengalami kesalahan di Samsat UPT Bapenda Sumsel Palemb

Error Data Bapenda, Kok Bisa?
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ilustrasi - Para wajib pajak membludak menunggu antrean di UPT Bapenda Palembang II Jakabaring, Rabu (4/10/2017). 

SRIPOKU.COM - Yth Bpk Gubernur, Cq Kepala Bapenda Sumsel. Saya mau laporkan adanya kesalahan pen­ce­takan STNK kendaraan motor saya yang sudah tiga kali mengalami kesalahan di Samsat UPT Bapenda Sumsel Palembang 1 Jl Kapten A Rivai.

Bermula dari saat saya mengurus Duplikat STNK motor yang hilang sekitar bulan Agustus 2018 ke Samsat Palembang 1. Ketika selesai dicetak STNK tsb alamat kelurahan dan kecamatannya salah tidak sesuai dgn STNK sebelumnya,. tidak sesuai dengan KTP maupun BPKB kendaran motor saya. Yang seharusnya Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang Alang Lebar, terjadi kesalahan tertulis Kelurahan 17 Ilir Kecamatan Ilir Timur 1.

Kepala UPTB Samsat 1 mengatakan saat itu ada error di data yg dimiliki Bapenda. Karena tinggal dua bulan lagi kendaraan sy (22-10-2018) akan jatuh tempo utk 5 tahunan yg kedua, maka sy pun bersabar. Karena kalaupun akan diubah ini akan mengubah kertas STNK lagi yg notabenenya kembali mengeluarkan bea adm STNK Rp 100.000.

Tiba pada bulan Oktober 2018 waktu sy mau bayar pajak, sy menemui Kepala UPTB Samsat 1 menjelaskan agar kesalahan data alamat jgn sampai kembali terjadi pada pencetakan STNK dan sekaligus pembayaran pajak PKB pada 5 tahunan ini. Namun lagi-lagi kesalahan terulang, masih tertera Kelurahan 17 Ilir Kecamatan Ilir Timur 1.

Saya juga sdh mencoba mengurus kesalahan penulisan alamat STNK motor ini menemui Kasi STNK Dirlantas Polda Sumsel di Kabtor Samsat lama Jl POM IX. Menurut pihak Dirlantas data dari pihaknya tidak salah, masih tertera seperti pada STNK sebelumnya sesuai KTP dan BPKB dan dibuktikan dengan diprint datanya. Menurutnya uutuk mengganti STNK yang salah menge­lu­arkan bea adm STNK Rp 100.000. Bahkan ada Polwan meyakinkan kesalahan alamat itu tdak akan menimbulkan masalah di jalan.

Kembali pada saat pembayaran pajak tahunan beberapa hari yang lalu, kembali saya sampaikan kepada Kepala UPTB Samsat 1 bahwa saya akan bayar pajak tahunan ini, bagaimmana caranya agar tidak kembali terjadi kesalahan saat pencetakan. Namun kembali ketiga kalinya terjadi ke­salahan penulisan kelurahan dan kecamatan. Ia pun memanggil petugas data Dirlantas di Samsat Palembang 1 dan petugas data Bapenda di Samsat Palembang 1 untuk menjelaskan kesalahan input data tsb. Kesimpulannya data Kepolisian tidak mengalami gangguan. Yang mengalami ke salahan data UPT Bapenda Samsat Palembang 1.Karena sudah 3 kali terjadi kesalahan penu­lisan alamat STNK, sy ngotot meminta UPT Bapenda Samsat Palembang 1 bertanggungjawab agar sy diberikan STNK yg sesuai dgn alamat saya.

Meski sudah menyadari kekurangan akibat kesalahan dari pihaknya (data UPT Bapenda Samsat Palembang 1) yang mengalami gangguan dan tidak terkoneksi dengan data kepolisian, namun Kepala UPTB Samsat 1 masih melemparkan masalah ini ke wajib pajak karena untuk membuat Duplikat STNK harus dikenakan biaya Rp 100.000.

08127230****

Inilah 3 Keuntungan Lapor SPT Pajak Tahunan Via E-Filing

Pertanyakan Pelayanan Pajak Motor

JAWAB:
Pertama-tama saya mengucapkan permohonan maaf atas adanya kesalahan data kami.

Per­lu saya koreksi, kalimat terakhir ini rasanya kurang pas, malah kemarin niat kami bea-nya akan kami talangi hanya saja kami minta saudara untuk melengkapi syarat pengurusannya. (fiz)

Alkala Zamora SE MM
Kepala UPT Bapenda Sumsel Samsat Palembang 1

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved