Berita Muaraenim

Kunci Sukses Kalapas Klas IIB Muaraenim Membina Warga Binaan, Bangun Komunikasi Aktif

Jika tidak ada komunikasi dua arah tentu sangat rawan konflik, makanya perlu kesepahaman antara warga binaan dengan petugas Lapas.

Kunci Sukses Kalapas Klas IIB Muaraenim Membina Warga Binaan, Bangun Komunikasi Aktif
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Hidayat Amin Amd, SH, MH Kalapas Klas IIB Muaraenim Sumsel 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAEINM - Kunci utama untuk membina warga binaan adalah dengan membangun komunikasi aktif. Hal ini yang dilakukan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Muaraenim Hidayat Amd.IP, SH, MM.

Menurut pria kelahiran 17 Januari 1977 ini, bahwa awalnya setelah tamat SLTA Tahun 1994, dan ia belum ada cita-cita, maklum perekonomian keluarganya pas-pasan.

Berangkat dari keprihatinan, iapun bertekad ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi, tetapi tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Lalu ia pertamakali ikut tes Akademi Pemasyarakatan dibawah Kemenkum dan Ham, dan alhamdulilah lulus. Kemudian ia mulai kuliah tahun 1994 dan lulus tahun 1997.

"Waktu itu kebenaran sekolah ikatan dinas yang buka dulu Akademi Pemasyarakatan, dan kita ikut ternyata lulus," ujarnya.

Menurut ayah dua anak ini, setelah lulus dirinya langsung penugasan. Seiring karir, iapun sempat ditugaskan menjadi Kepala Rutan Pagaralam tahun 2012-2014, Kepala Rutan Barito Selatan Kalteng tahun 2014-2017, Kepala Bidang Pembinaan Lapas Klas I Batu Nusa Kambangan tahun 2017-2018, dan saat ini diberikan amanah menjabat sebagai Kepala Lapas Klas IIB Muaraenim tahun 2018 sampai sekarang.

Selama bertugas lanjut suami Rahayu Setio Reni ini, ia sudah menemui bermacam-macam orang mulai dari status sosial, agama, suku, ras, pendidikan dan sebagainya.

Begitupun kasus mereka mulai dari bandar narkoba, teroris dan lain-lain.

Kapolda Sumsel Pantau Lokasi Penemuan Benda Cagar Budaya Berbahan Emas di Kecamatan Cengal OKI

Partai Golkar PALI Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati, Ini Syarat dan Ketentuannya

Dua Tersangka Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu Dibekuk Satuan Narkoba Polres Lahat

Jadi ketika di Lapas Klas IIB Muaraenim menerima warga binaan teroris termasuk yang divonis hukuman mati baginya sudah tidak kaget lagi, sebab dahulu ketika ia bertugas di Lapas Batu Nusa Kambangan hal tersebut tidak aneh lagi.

Halaman
12
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved