Pemerintah

Pemerintah Daerah 4.0

Konsep Pemerintah Daerah 4.0 ini merupakan konsep revolusi penyelenggaraan pemerintahan ma­­sa kini dan masa depan

Pemerintah Daerah 4.0
ist
Dr. Ir. Abdul Nadjib S. MM

Pemerintah Daerah 4.0

Oleh : Dr. Ir. Abdul Nadjib S. MM

Asisten Administrasi Umum Pemkab Muara Enim, Sumatera Selatan.

Konsep Pemerintah Daerah 4.0 ini merupakan konsep revolusi penyelenggaraan pemerintahan ma­­sa kini dan masa depan, mengingat laju perubahan era revolusi industri 4.0 yang sa­ngat masif, terstruktur dan berkembang dengan cepat.

Apabila Pemda tidak ingin tertinggal, ter­lebih lagi tergerus dengan dampak era revolusi industri 4.0 yang disrupsinya luar biasa maka saatnya Pemerintah Daerah (Propinsi/Ka­bupaten/Kota) di Indonesia untuk berevolusi dalam ta­ta kelola pemerintahan di daerahnya.

Memasuki revolusi industri 4.0 yaitu era yang ditandai dengan adanya konektivitas manusia, data, dan mesin dalam bentuk virtual atau dikenal dengan istilah cyberphysical.

Perkembangan re­volusi industri membawa perubahan yang sangat cepat dengan tujuan mulia menciptakan ku­ali­tas kehidupan yang lebih baik.

Pada era revolusi industri 4.0 ini ada pergeseran tren ino­va­si ke arah teknologi digital.

Di era revolusi industri 4.0 memungkinkan otomatisasi di semua bidang untuk mencapai pro­duk­tivitas yang efektif dan efisien.

Penerapan sistem informasi sebagai rantai pasokan digital ke seluruh unit kerja akan meminimalkan peran manusia sebagai operator.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved