Berita Palembang

Lapas di Sumsel Over Kapasitas, Ini Tanggapan Gubernur Sumsel Herman Deru

Masalah kelebihan jumlah hunian (overcapacity) pada penjara-penjara di Sumatera Selatan ditanggapi oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru

Lapas di Sumsel Over Kapasitas, Ini Tanggapan Gubernur Sumsel Herman Deru
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH, HANDOUT
Herman Deru, Gubernur Sumsel saat memberikan remisi umum pada tahanan 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Masalah kelebihan jumlah hunian (overcapacity) pada penjara-penjara di Sumatera Selatan ditanggapi oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dengan sebuah solusi.

Menurutnya, membangun kembali gedung penjara baru bukanlah sebuah solusi yang bijak. Sebagai pimpinan daerah ia menginginkan angka tindak kriminalitas di Sumsel dapat ditekan semaksimal mungkin.

"Jika angka kriminalitas disini bisa ditekan tentu tidak akan muncul masalah overcapacity. Tidak ada lagi cerita tahanan yang penuh sesak di dalam penjara kalau memang kriminalitas bisa kita cegah," katanya, Senin (19/8/2019)

Secara umum kata Deru, warga binaan yang terlanjur masuk dalam lembaga permasyarakatan (Lapas) saat ini telah banyak diberikan pembinaan.

Dirinya sudah melihat secara langsung seperti kondisi Lapas anak-anak dimana mereka sudah mendapatkan didikan, binaan serta dibekali ilmu yang baik.

"Saya melihat lapas ini adalah dengan ruang lingkup yang terbatas namun dari segi pendidikannya mereka tidak terbatas sama saja dengan anak-anak diluar sana mereka di didik dan dibina. Mudah-mudahan anak-anak kita (keluarga binaan) setelah habis masa hukumannya dapat diterima di masyarakat sebagaimana masyarakat umumnya," katanya.

"Karena setelah kembali ke masyarakat mereka telah dibekali ilmu yang baik bahkan ilmu keterampilan yang belum tentu didapat oleh anak diluar sana," tutup Deru.

Harga Cabai Sentuh Rp 90 Ribu, Ibu-ibu Beralih Cabai Kering

Fakta Unik Rumah Satu-satunya yang Ada Diantara 2 Negara, Ruang Tamu di Indonesia Dapur di Malaysia!

Artis Ibukota Shella O Pulang Kampung, Hibur Warga Perumahan Center Park Palembang

Penulis: Rahmaliyah
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved