Ramadhan

Pasca Ramadhan 2019

Alhamdulillah, setelah menjalani pendidikan dan pelatihan selama Ramadhan maka target puasa men­jadikan manusia bertaqwa tercapai.

Pasca Ramadhan 2019
ist
Drs. H. Syarifuddin Ya'cub MHI

Pasca Ramadhan 2019

Oleh : Drs. H. Syarifuddin Ya'cub MHI

Dosen Universitas Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang

Alhamdulillah, setelah menjalani pendidikan dan pelatihan selama sebulan puasa Ramadhan di si­ang hari, dan pada malam hari melaksanakan qiamu Ramadhan, maka target puasa untuk men­jadikan manusia yang bertaqwa tercapai.

Taqwa menurut rumusan Imam Ghazali adalah melaksanakan seluruh apa yang diperintahkan Allah SWT. Dan menghindari apa yang dilarang-Nya, baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan.

Apa-apa yang diperintahkan kepada seorang muslim adalah; Mengucapkan dua kalimah sya­ha­dat, melaksanakan shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, menunaikan zakat dan me­nu­nai­kan ibadah haji bagi yang kuasa. Mengucapkan dua kalimah syahadat sebagai bukti dari o­rang yang beriman, karena salah satu bukti iman itu adalah iqraru billisaan.

Ketika Rasulullah SAW ditanya Apa itu iman yaa Rasul? Beliau jawab: "TASDIIQUN BIL QALBI, WA IQRA­ARUN BILLISAAN, WA ‘AMALUN BIL ARKAN" yang artinya "Iman itu adalah di­benar­kan dengan hati, diucapkan dengan lidah dan diamalkan dengan perbuatan".

Jika seseorang hanya mengucapkan dengan lisan saja, tapi di dalam hatinya tidak meyakini ke­be­naran adanya Allah, Malaikat, Kitab-Nya, Utusan-Nya, hari akhirat, dan qadar baik dan b­u­ruk dari Allah. Maka dia tetap termasuk dalam golongan orang kafir.

Sebaliknya apabila dia mem­benarkan dalam hatinya, tetapi tidak mengucapkan dengan lidah, serta tidak meng­amal­kannya dengan perbuatan, maka dia termasuk orang yang fasik.

Apabila seseorang meng­u­capkannya dengan lisan, mengamalkannya dengan perbuatan, tetapi di dalam hatinya dia tidak ya­kin akan kebenarannya, maka dia termasuk orang munafik.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved