Berita Ogan Ilir

Jembatan Pematang Panggang Sudah Diperbaiki, Pengalihan Arus ke Jalinteng Hanya untuk Kendaraan Ini

Jembatan Pematang Panggang yang berada di perbatasan Provinsi Sumsel (Mesuji Kabupaten OKI) dan Provinsi Lampung sudah mulai aktif kembali

Jembatan Pematang Panggang Sudah Diperbaiki, Pengalihan Arus ke Jalinteng Hanya untuk Kendaraan Ini
SRIPOKU.COM/RESHA
Papan imbauan kepada pengendara angkutan barang yang hendak menuju Provinsi Lampung, untuk melewati Jalur Lintas Tengah lantaran Jembatan Pematang Panggang di Jalur Lintas Timur belum bisa dilewati. Satu hari setelah Jembatan itu dibuka, papan tersebut masih ada. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, OGAN ILIR-- Jembatan Pematang Panggang yang berada di perbatasan Provinsi Sumsel (Mesuji Kabupaten OKI) dan Provinsi Lampung sudah mulai aktif kembali, Rabu (3/7/2019) kemarin pasca ambruk beberapa waktu lalu.

Namun, papan imbauan untuk pengalihan jalur masih terpasang di Kelurahan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir Kamis (4/7/2019) sore.

Pantauan Sripoku.com di lapangan, papan pemberitahuan pengalihan jalur itu masih terpasang untuk memberitahu pengendara yang hendak melakukan perjalanan ke Lampung.

Jembatan penghubung Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan di perbatasan Mesuji, Lampung dengan Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan sudah selesai diperbaiki, Selasa (2/7/2019).
Jembatan penghubung Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan di perbatasan Mesuji, Lampung dengan Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan sudah selesai diperbaiki, Selasa (2/7/2019). (TRIBUN SUMSEL/RETNO WIJAYA)

Posisi Dirut PD Pasar Palembang Dilelang, Terungkap PAD PD Pasar Hanya Rp 50 Juta per Tahun

5 Komisoner KPU Palembang Jadi Terdakwa Jalani Sidang Perdana, Dipimpin Hakim Ketua Erma Suharti

Di mana bagi pengendara yang biasanya menuju lampung lewat Jalur Lintas Timur (Jalintim), dialihkan lewat Jalur lintas Tengah (Jalinteng) melewati Kabupaten Prabumulih, Baturaja, Martapura samai ke perbatasan Provinsi Lampung.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Ghazali Ahmad melalui Kasat Lantas Polres Ogan Ilir AKP Desy Ariyanti mengatakan, sejauh ini ia mendengar jika Jembatan yang menghubungkan Provinsi Sumsel dan Lampung itu sudah dibuka.

Namun pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Sumsel, apakah pengalihan jalur untuk pengendara yang mau ke arah Lampung masih harus melewati Jalinteng, atau sudah bisa menggunakan Jalintim.

"Kita masih berkoordinasi dengan pihak Dirlantas, apakah masih ada imbauan itu atau sudah bisa normal," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (4/7/2019).

Sementara itu, Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro mengatakan jika kendaraan angkutan barang yang akan menuju Provinsi Lampung, sudah bisa melewati Jembatan yang ambruk kemarin.

Hanya saja, ada pembatasan tonase sehingga tidak seluruh angkutan barang bisa lewat ke sana.

"Maksimal 20 ton, jadi kendaraan dengan tonase lebih dari 20 ton tetap di Jalan Lintas Tengah," ujarnya di waktu yang sama.

Memang satu hari setelah dibuka, terjadi kemacetan di Jalintim tersebut. Pasalnya, kendaraan yang melewati Jembatan Pematang Panggang itu tidak boleh berjalan berbarengan dari dua arah, sehingga diberlakukan sistem bergantian.

"Mengingat kebijakan dari pemerintah melalui Balai Besar Pengelola Jalan Nasional, bahwa dilintasinya secara bergantian. Sebab dikhawatirkan jika dua-duanya berjalan dengan kapasitas 20 ton berbarengan di jalan, maka akan ambruk lagi," katanya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan BBJN Sumsel dan Lampung, kapan jembatan tersebut benar-benar bisa dilewati tanpa pembatasan atau sistem bergantian seperti dijelaskan tadi. Sebab saat ini, perbaikan untuk jembatan tersebut masih dalam perbaikan.

"Mungkin sekitar 2 minggu lagi, baru benar-benar rampung," jelasnya.

Posisi Dirut PD Pasar Palembang Dilelang, Terungkap PAD PD Pasar Hanya Rp 50 Juta per Tahun

Gubernur Sumsel Herman Deru Minta Rumah Sakit di Sumsel Cepat Respon Melayani Kesehatan Masyarakat

 

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved