Berita Palembang

KKP Siapkan Alat Antisipasi Masuknya Penyakit Cacar Monyet ke Sumsel, Deteksi Bandara dan Pelabuhan

Kepala KKP Kelas II Palembang, Marjunet SKm MKes menyatakan pihaknya telah menyiapkan peralatan untuk mengantisipasi penyakit langka

KKP Siapkan Alat Antisipasi Masuknya Penyakit Cacar Monyet ke Sumsel, Deteksi Bandara dan Pelabuhan
KOLASE SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas II Palembang melakukan pemeriksaan kesehatan di lorong kedatangan Bandara yang sudah dilengkapi dengan Thermal Scanner. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Kepala KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas II Palembang, Marjunet SKm MKes menyatakan pihaknya telah menyiapkan peralatan untuk mengantisipasi penyakit langka yang disebut cacar monyet atau monkeypox yang kemungkinan bakal dibawa calon penumpang melalui pintu bandara dan pelabuhan di Sumsel.

Menurutnya, KKP Palembang yang memiliki tugas melaksanakan cegah tangkal penyakit yang belum ada di Indonesia telah mempersiapkan berbagai langkah antisipatif dalam menghadapi penyebaran penyakit monkeypox yang disebabkan oleh virus. 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyakit mongkeypox ini sedang menyebar secara terbatas di Singapura.

Terkait hal itu maka KKP Palembang melakukan pemeriksaan ketat terhadap para pendatang/penumapng pesawat yang tiba dari Singapura di Bandara Internasional SMB II Palembang. 

Petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas II Palembang melakukan sosialisasi terkait masuknya Penyakit Cacar Monyet ke Sumsel.
Petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas II Palembang melakukan sosialisasi terkait masuknya Penyakit Cacar Monyet ke Sumsel. (SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ)

Soal Penyelundupan 22 Mei, Moeldoko: Bisa saja mereka melakukan tembakan di kerumunan

Korban Kebakaran di Talang Jawa Kelurahan Talang Ubi Barat Kecamatan Talang Ubi PALI Dapat Bantuan

"Para penumpang yang tiba tersebut sebelum melewati pemeriksaan keimigrasian, mereka harus melewati lorong kedatangan yang sudah dilengkapi dengan Thermal Scanner, yaitu alat pemindai suhu tubuh manusia yang mampu mengukur suhu tubuh dalam manusia jumlah massal sekaligus. Sehingga jika ada pendatang yang memiliki suhu tubuh tidak normal, tentu akan bisa dideteksi," ungkap Marjunet kepada Sripoku.com, Senin (20/5/2019).

Untuk mengoperasionalkan alat tersebut, KKP Palembang menempatkan 1 orang tenaga Surveilans Epidemiologi, 1 orang dokter dan 2 orang perawat pada setiap kedatangan pesawat dari Singapura. 

Dijelaskannya, setiap penumpang yang datang, setelah melewati pemeriksaan suhu tubuh dan pemeriksaan visual lain, kepada mereka akan dibagikan leaflet yang berisi penjelasan monkeypox.

Demikian juga leaflet yang berisi edukasi monkeypox tersebut, dibagikan kepada penumpang yang akan berangkat ke Singapura.

Selain di bandara, KKP Palembang juga melaksanakan pengamatan ketat bagi crew kapal yang datang dari singapore di pelabuhan boom baru.

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved