Perkecil Kesalahan Saat Mencoblos, 1 Orang Diberi Waktu hingga 11 Menit di Dalam Bilik Suara TPS

guna memperkecil kesalahan, berbagai upaya dilakukan penyelenggara Pemilu sehingga bisa mensukseskan pesta demokrasi 5 tahun sekali ini.

Perkecil Kesalahan Saat Mencoblos, 1 Orang Diberi Waktu hingga 11 Menit di Dalam Bilik Suara TPS
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Simulasi Pencoblosan dan Pemungutan Suara di KPU Palembang. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tinggal menghitung hari, tepatnya akan dilakukan pada tanggal 17 April mendatang, baik itu Pilpres serta legislatif.

Dari itu, guna memperkecil kesalahan, berbagai upaya dilakukan penyelenggara Pemilu sehingga bisa mensukseskan pesta demokrasi 5 tahun sekali ini.

Seperti halnya kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara yang sengaja digelar KPU Palembang di halaman Kantor Camat Ilir Timur I, Senin (8/4/2018).

Stop Kuliah Demi Jadi Seniman, Kamsul A Harla Via Lagu Ya Samman Kenalkan Budaya Palembang

Mirip Leukemia, Ini 3 Faktor Penyebab Myeoloma, Gejalanya Tak Terdeteksi dan Sering Anda Rasakan

Narkoba Jenis Sabu-sabu Sebanyak 3,25 Kg Dimusnakan BNNP Sumsel, Dibor dan Dicampur Air Deterjen

"Simulasi ini sengaja kita adakan dan diikuti PPK, PPS, perwakilan KPPS dan masyarakat guna menginformasikan bagaiamana teknis pendaftaran pemilihan sampai rekapitulasi suara ditingkat TPS," ungkap Ketua KPU Palembang, Eftiyani, Senin.

Menurut Eftiyani, dalam Simulasi tersebut, semua kelengkapan yang berfungsi dalam pemungutan suara dihadirkan, baik itu DPT, surat suara, hingga C1.

"Mulai hari ini logistik juga akan mulai kita didistribusikan ke Kecamatan, yakni surat suara DPR RI dan DPD RI," ujarnya.

"Untuk surat suara DPR RI didistribusikan dari Jakabaring sementara surat suara DPD RI dari kantor KPU kota Palembang menuju Kecamatan Seberang Ulu I dan Jakabaring, sekitar pukul 2 atau 3 siang," kata dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Palembang Divisi Teknis Penyelenggaraan Alex Barzili SSi mengatakan, bahwa pemahaman para PPK dan PPS sudah dapat dikatakan sesuai harapan terkait teknis pencoblosan serta pemungutan suara.

3 Ancaman Kesehatan Jika Tidur Dekat Ponsel

Video Remaja Putri di Palembang Ini Dilaporkan Hilang, Diduga Dilarikan Teman Prianya.

Pasalnya, para PPK dan PPS diangap telah memiliki pengalaman. Untuk itu, kelalaian petugas bisa dipastikan minim karena rata-rata semua petugas sudah paham dan tinggal bagaimana penerapannya di TPS.

Hanya saja, pihaknya mengkhawatirkan yakni waktu yang cukup singkat, mengingat banyaknya surat suara yang harus dicoblos.

“Waktu pencoblosan mulai pukul 07.00 -13.00 WIB, jadi satu orang diberikan jatah 11 menit berada di dalam TPS atau bilik suara," ungkapnya.

Untuk proses penghitungan suara, Alex mengatakan bahwa proses penghitungan suara dapat diperpanjang setelah hari pemungutan dan perhitungan suara.

"Jadi, jika dimulai pukul 13:00 boleh berhenti, kemudian keesokan harinya dan tanggal 18 April penghitungan suara masih bisa dilanjutkan," jelasnya.

===

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved