Lapor Mang Sripo

Bahaya Konsumsi Buah Durian

Di saat musim durian seperti sekarang, adakah bahayanya jika kita terlalu banyak mengkonsumsinya? Maklum, di musim seperti sekaranglah kesempatan

Bahaya Konsumsi Buah Durian
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
ILustrasi - Penjual durian asal Tebingtinggi, Empatlawang, menjajakan durian di Jalan Demang Lebar Daun depan SPBU Yan Najib Kecamatan IB I Palembang. 

SRIPOKU.COM - Mohon informasinya, di saat musim durian seperti sekarang, adakah bahayanya jika kita terlalu banyak mengkonsumsinya?

Maklum, di musim seperti sekaranglah kesempatan banyak-banyak mengkonsumsi buah berduri ini lantaran harganya yang bersaing dan banyak pilihan. Apalagi, banyak durian unggul yang dijual sehingga makin tergoda untuk mengkonsumsinya. Makanya, kami cemas adakah bahaya jika terlalu banyak mengkonsumsinya?
0822898637xx

Berita Lainnya:
Durian Banuayu tak Kalah Manis, Panen Buah Durian Dikawasan Pabrik PT TEL
Tanpa Biji, Ini 8 Fakta Durian J-Queen Dijual 14 Juta Per-buah, Sensasi Rasa & Kalahkan Malaysia

Jawaban
Kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi didalam durian dapat memicu tekanan darah naik dan berbahaya bagi yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Durian ini sifatnya panas ketika sudah di dalam perut lantaran ngegas keluar angin. Akan lebih baik jika menyantapnya dalam porsi normal. Bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya akan sangat mengganggu kesehatan. Maka itu konsumsi saja sewajarnya.

Selain kolesterol, waspada juga bagi yang mempunyai tensi darah yang tinggi. Dari itu, jika pengidap tekanan darah tinggi hindari mengkonsumsi durian saat siang dan sore hari karena biasanya tensi darah naik pada waktu sore. Dampak pada orang tertentu, bisa menyebabkan perut kembung dan sendawa berlebihan. Satu-satunya cara mengobatinya ialah dengan meminum air putih.

Pertolongan pertama yang diberikan ialah minum air putih hangat dan dingin secara bergantian agar organ di dalam (usus) bergerak serta mendinginkan tubuh nanti angin keluar baik dengan sendawa atau buang angin. Jika angin tidak keluar dan gejala tersebut masih belum hilang bisa dibawa ke dokter atau puskesmas. Pertolongan lainnya adalah dengan memuntahkan kembali durian yang dikonsumsi dan minum obat penurun panas seperti anjuran dokter. (mg4)

Dr Alfarobi
Sekretaris Dinas Kesehatan Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

====

Tonton Video Terbaru di Youtube SripokuTV!
Dont Forget Like, Comment, Subscribe and Share!
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved