Breaking News:

Diberi Waktu 3 Hari, Tegal Binangun Masuk Palembang

Keinginan besar warga Tegal Binangun yang merupakan bagian dari Jakabaring Selatan untuk tetap menjadi warga kota Palembang sepertinya menemukan

Editor: Bedjo
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ilustrasi - Warga Tegal Binangun memBAWA spanduk, banner, keranda jenazah, ternak kambing dan anak-anak mengenakan seragam karate ikut berdemo di kantor Gubernur Sumsel, Senin (27/11/2017). 

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Keinginan besar warga Tegal Binangun yang merupakan bagian dari Jakabaring Selatan untuk tetap menjadi warga kota Palembang sepertinya menemukan titik terang.

Berita Lainnya:  Palembang Setuju Jakabaring Tukar dengan Talang Buluh dan Merah Mata Tukar dengan Talang Jambe

Dari hasil rapat antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama dengan Pemkot Palembang, Pemkab Banyuasin serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Pemprov Sumsel sebagai penengah mengusulkan Tegal Binangun masuk ke kota Palembang.

Rapat yang digelar di Ruang Setda Pemprov Sumsel ini dihadiri langsung oleh Sekda Sumsel H Nasrun Umar, Asisten I Pemkot Palembang Sulaiman Amin, Asisten I Pemkab Banyuasin Senen Har serta pihak terkait.

Sekda Provinsi Sumsel H Nasrun Umar mengatakan dalam rapat kemarin, diputuskan beberapa hal. Yakni Pemprov Sumsel mengusulkan solusi kepada subsegmen mengenai batas wilayah Pemkot Palembang dan Pemkab Banyuasin.

"Ini bukan hanya terjadi pada segmen Jakabaring yang kemudian jadi Jakabaring Selatan, ternyata setelah diteliti ada empat subsegmen Jakabaring yakni Tegal Binangun, Talang Buluh, Merah Mata dan Talang Jambe," kata Nasrun.

Dari empat subsegmen ini, sambung Nasrun mengusulkan kepada kedua pemerintah ini dengan melihat kondisi eksisting di lapangan. Dimana subsegmen Jakabaring dan Tegal Binangun mengingat ada aspirasi kemarin dan secara administrasi banyak dikelolah oleh Palembang, itu dikembalikan ke kota Palembang.

Kemudian subsegmen Talang Buluh yang selama ini merupakan wilayah Pemkot Palembang, karena selama ini administrasi banyak dikelolah oleh Pemkab Banyuasin dan itu diusulkan masuk ke kabupaten Banyuasin.

Untuk Subsegmen Merah Mata, lanjut Nasrun Pemprov Sumsel mengusulkan masuk ke Kabupaten Banyuasin dan subsegmen Talang Jambe untuk masuk kota Palembang.

"Berkaitan dengan usul ini, saya mintakan pendapat ke kedua daerah ini. Pemkot Palembang secara tegas mengatakan bahwa karena sudah diberi mandat memutuskan, menerima dan menyetujui dari usulan Pemprov Sumsel. Sementara dari pihak Banyuasin akan menyarankan terhadap pimpinannya yakni bupati Banyuasin," terang Nasrun.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved