Buya Menjawab

Kiat Agar Haji Mabrur

Insya Allah tahun ini kami berangkat menunaikan ibadah haji. Bagaimana kiatnya supaya haji kami mabrur dan dapat mempertahankan kemabrurannya sampai a

Kiat Agar Haji Mabrur
www.celikalquran.com
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Assalamualaikum.Wr.Wb.
BUYA, Insya Allah tahun ini kami berangkat menunaikan ibadah haji. Bagaimana kiatnya supaya haji kami mabrur dan dapat mempertahankan kemabrurannya sampai akhir hayat. Terima kasih penjelasannya Buya. 085226195xxxx

Berita Lainnya:  Semoga Menjadi Haji Mabrur

Jawab:
Assalamualaikum.Wr.Wb.
IBADAH Haji difardlukan bagi yang sudah istito'ah, satu kali saja seumur hidup. Oleh karena itu setiap calon jamaah haji berupaya untuk memperoleh haji mabrur, haji yang diterima dan ganjarannya adalah surga.

Langkah-langkah yang dapat diupayakan untuk memperoleh haji mabrur;

1. Bersih diri terhadap Allah SWT. artinya kewajiban sebagai seorang muslim sudah sempurna dilaksanakan, termasuk qadha sholat yang tertinggal, dan ditambah dengan sholat-sholat sunnat utamanya Sholat sunnat Taubat, sholat sunnat Tasbih, sholat Tahajjut dan sholat Dhuha.

2. Bersih diri terhadap sesama manusia; sanak keluarga, tetangga, lingkungan kerja dll. dengan saling bermaafan.

3. Melunasi hutang-hutang, atau berwasiat kepada ahli waris, jika taqdir Allah meninggal dunia di Mekkah ataupun di Madinah, Lunasi hutang-hutang ayah dan ibu.

4. Belajar Manasik haji dan umroh, sebab jika beribadah tanpa ilmu maka amal ibadah tidak diterima Allah.SWT. (WAKULLU MAN BIGHAIRI ILMI YA'MALU A’MAALUHU MRDUDATUN LAA TUQBALU).

5. Merngikhlaskan niat bahwa melaksanakan haji dan umroh karena kewajiban bagi yang sudah istito’ah. Bukan karena gengsi, atau malu jika tidak melaksanakan haji padahal tetangga sudah haji semua, atau untuk meningkatkan prestise supaya masyarakat memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengemban sesuatu amanah. Seluruh niat yang bukan semata-mata karena Allah termasuk ria, dan amal ibadah yang disertai ria tidak ada nilainya di sisi Allah SWT.

6. Berbekal harta yang halal, karena jika bekalnya halal, maka pertama kali melangkahkan kaki di tanah haram, malaikat berseru; "Hajimu maqbul, hajimu diterima."

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved