Bank Syariah Mandiri (BSM) Targetkan Jual Emas di Sumsel Babel Mencapai Rp 5,2 Miliar

Bank Syariah Mandiri (BSM) tahun ini menargetkan pertumbuhan bisnis emas baik gadai maupun cicil emas di area kerja Sumsel dan Babel bisa mencapai

Bank Syariah Mandiri (BSM) Targetkan Jual Emas di Sumsel Babel Mencapai  Rp 5,2 Miliar
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Pegawai Bank Syariah Mandiri (BSM) saat menunjukkan produk emas yang dapat dicicil oleh nasabah mulai dari berat 10 gram di kantor cabang BSM Syariah Palembang. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Bank Syariah Mandiri (BSM) tahun ini menargetkan pertumbuhan bisnis emas baik gadai maupun cicil emas di area kerja Sumsel dan Babel bisa mencapai pertumbuhan (growth) sebesar Rp5,2 miliar.

Area Manager BSM Palembang, Ricky Rikardo mengatakan target tersebut bahkan diharapkan bisa mencapai transaksi hingga Rp15 miliar jika melihat animo masyarakat Sumsel dan Babel yang memiliki minat tinggi untuk berinvestasi emas.

"Tahun 2018 lalu realisasi bisnis lewat cicil dan gadai emas sebesar Rp4,1 miliar.

Tahun ini kami optimistis transaksi emas bagus mengingat ini tahun politik dan faktor lainnya yang menjadikan harga emas diprediksi terkerek naik," katanya, Selasa (19/02/2019).

Digeruduk Warga Dua Desa, Bupati Lahat Minta yang Demo Jangan Sampai Masuk Angin

Modus Ngamen di Lampu Merah, 2 Sekawan Ini Gasak Uang atau Handphone di Kabin Mobil & Memalak Sopir

Tanda Tanya BUMN yang akan Beli Sriwijaya FC, Herman Deru akan Sampaikan di Pendopoan bupati Lahat

Per hari ini pun harga emas tercatat Rp674 ribu atau lebih jauh lebih tinggi dibanding Desember tahun lalu yang berada di kisaran Rp650 ribuan per gramnya.

Untuk bisnis emas, tambah Ricky, nasabah memang lebih cenderung lebih banyak melakukan transaksi gadai emas khususnya saat hari raya keagamaan dan tahun ajaran baru. Komposisi nasabah pun mencapai sekitar 70 persen untuk gadai emas dan 30 persen sisanya adalah nasabah cicil emas.

"Selain itu, dari para pengusaha konstruksi swasta yang melakukan gadai emas untuk pembayaran termin proyek pekerjaan," tambah Ricky.

Mungkin Banyak yang tak Tahu, 7 Artis Ini Ternyata Keturunan Pahlawan, No 4 Gunakan Nama Sang Kakek

Pelatih Timnas U-22 Indonesia Petik Satu Pelajaran dari Malaysia

Video Rekonstruksi Suami Bunuh Istri di Hotel Kawasan Cinde, Khilaf Saat Pergoki Istri Ditelpon PIL

Dia melanjutkan, lewat beragam program bisnis cicil emas seperti diskon margin untuk PNS dan pegawai BUM yang gunakan fasilitas payroll maupun non payroll diharapkan bisa mendongkrak lini bisnis ini.

Kelebihan dari sisi kemudahan dan relatif murahnya program cicil emas ini juga diharapkan bisa menjaring nasabah baru dari berbagai kalangan utamanya kaum milenial.

Sebab, program investasi emas ini bisa diawali dengan cicilan minimum untuk dari 10 gram emas dan maksimum seberat 350 gram atau setara Rp15 gram.

Kampung Arab Al Munawar 13 Ulu Palembang Kini Sepi Pengunjung, Sehari Cuma Lima Pengunjung

Pelaku Pembunuhan Ketua Perhimpunan Waria Kota Palembang di Rusun Blok 12 Diduga Orang Terdekat

Lima Mahasiswa Unsri Jadi Duta Tanah Air Ikuti Ajang MTE di PWTC Kuala Lumpur Malaysia

"Bahkan kalau pilih program cicil emas hingga lima tahun setiap harinya nasabah hanya harus mengeluarkan Rp5 ribu saja," jelas Ricky.

Menyikapi maraknya transaksi cicil emas yang tengah marak di beberapa marketplace, Ricky meyakini bisnis emas konvensional akan terus diminati karena keamanan dan kepastian pendapatan dari investasi.

Meski sebenarnya akan menjadi tantangan tersendiri ke depannya bagi perbankan untuk bisa bersaing dan menguasai pasar sektor bisnis emas daring.

"Di pusat saat ini kami sedang men-develop sistem tersebut sehingga nasabah juga juga tidak perlu datang ke kantor cabang untuk transaksi emas." ujarnya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved