Berita Musibanyuasin

Racun dan Setrum Rusak Ekosistem, Dodi Reza Alex Instruksikan Sisir Praktek Setrum dan Racun Ikan

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, menginstruksikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pencegahan.

Racun dan Setrum Rusak Ekosistem, Dodi Reza Alex Instruksikan Sisir Praktek Setrum dan Racun Ikan
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Kepala Dinas PMD, Richard Cahyadi, saat mengedukasi warga disela lelang lebak lebung di Kabupaten Muba terkait racun dan setrum ikan. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Praktek curang atau dilarang dalam menangkap ikan seperti menebar racun dan melakukan penyetruman ikan yang masih sering terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), membuat kondisi alam sangat tidak terjaga.

Untuk itu Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, menginstruksikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pencegahan dan melakukan edukasi kepada mayarakat terkait setrum dan racun ikan.

“Saya mendapatkan laporan masih banyak praktek illegal dalam melakukan penangkapak ikan seperti racun dan setrum di Muba."

"Penangkapan ikan seperti penyebaran racun dan tindakan penyetruman ikan sangat tidak baik dan merugikan kita semua, hal ini saya dapatkan berdasarkan keluhan warga,” kata Bupati Dodi Reza Alex Noerdin, Sabtu (24/11/18).

Posting Foto Liburan, Pipi Shaloom Razade Anak Wulan Guritno Mendadak Disoroti, Ada Bintik-bintik

Ratusan Penggemar Penuhi Gerai Ayam Asix (A6) Palembang, Tak Sabar Ketemu Keluarga Anang dan Ashanty

Peserta Tes CPNS 2018 Deg-degan, Tunggu Hasil Pengumuman Perangkingan Passing Grade

Terkait permasalahan tersebut pihaknya telah menginstruksikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dinas Lingkungan Hidup untuk memantau laporan yang ada.

“Menangkap ikan dengan cara yang dilarang oleh pemerintah dan itu pelanggaran undang-undang, saya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan tersebut lagi karena dapat merusak ekosistem yang ada,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Richard Cahyadi mengatakan, terkait instruksi bupati dalam mengehentikan praktek meracun dan setrum ikan, pihaknya telah melakukan beberapa solusi.

Salah satunya pencegahan awal yakni pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan sosialisasi dalam mengedukasi warga.

“Kedepan jika tahapan pencegahan yang terus kita lakukan masih juga dilanggar dan kedapatan melakukan penyetruman ikan dan meracuni sungai untuk mendapatkan ikan tentunya akan kita proses sesuai hukum yang berlaku."

Halaman
12
Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved