Berita Palembang

Program Penanggulangan Kemiskinan di Sumsel, Siapkan Zonasi Kantong Kemiskinan

"Sekarang sedang dipetakan oleh Bappeda Sumsel, kedepan akan ada program khusus disetiap OPD, jadi jika kantong kemiskinannya

Program Penanggulangan Kemiskinan di Sumsel, Siapkan Zonasi Kantong Kemiskinan
Dok. Humas Pemprov Sumsel
Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Mawardi Yahya melepas Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Provinsi Sumsel untuk berlaga pada kegiatan Pesparani Nasional I di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (26/10/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Program penanggulangan kemiskinan selalu menjadi isu paling utama dalam pembangunan di Sumatera Selatan setiap tahunnya, tak terkecuali di masa kepemimpinan Herman Deru-Mawardi Yahya.

Dalam visi dan misinya, program pengentasan kemiskinan menjadi salah satu janji politik mereka.

Pada tingkat nasional, capaian kemiskinan Sumsel selalu berada di atas capaian nasional atau secara peringkat ke 11 dengan tertinggi.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG, Ini Link Live Streaming Ochannel Sriwijaya FC vs Barito Putera, Nonton dari HP

Program yang digelontorkan dirasa masih kurang signifikan akibat sasaran yang kurang tepat, lemahnya koordinasi antar sektor antar pemerintah daerah serta minimnya evaluasi setelah program dilaksanakan.

Untuk itu, sesuai dengan amanat Permendagri 42/2010 tentang TKPK, perlu dilakukan upaya dalam suatu wadah koordinasi melalui forum TKPK yang diketuai Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya ditemui usai rapat TKPK di Bina Praja, Senin (12/11/2018) mengatakan, bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah melakukan rapat awal untuk membahas program penanggulangan kemiskinan.

Baca: Taktik Jitu Alfredo di Fase Kritis, Butuh Dukungan Suporter Sriwijaya FC di Sisa Laga

Dimana ditahap awal ini, pihaknya menyusun program dengan menyesuaikan zonasi pemetaan wilayah yang terdapat kantong kemiskinan.

"Sekarang sedang dipetakan oleh Bappeda Sumsel, kedepan akan ada program khusus disetiap OPD, jadi jika kantong kemiskinannya berkaitan dengan masalah pendidikan maka akan dihandel oleh OPD yang berkaitan," jelasnya.

Baca: Berikut hasil lengkap Liga Spanyol pekan ke-12, Barcelona Kalah, Madrid Cetak Kemenangan Ke-Empat

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Selatan, tren tingkat kemiskinan Sumsel setiap tahunnya menurun dari 16,28% terhitung sejak Maret 2009 menjadi 12,80% Maret 2018 namun dengan laju melambat.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved