Berita Muaraenim

LIVE STREAMING 65 Bakal Kepsek SD di Muaraneim Ikuti Tes Calon Kepsek

Sebanyak 65 guru jenjang SD Negeri di Kabupaten Muaraenim mengikuti tes Bakal Calon Kepala Sekolah.

LIVE STREAMING 65 Bakal Kepsek SD di Muaraneim Ikuti Tes Calon Kepsek
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Sebanyak 65 guru jenjang SD Negeri di Kabupaten Muaraenim mengikuti tes Bakal Calon Kepala Sekolah di Gedung SKB Muaraenim, Kamis (6/9/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Sebanyak 65 guru jenjang SD Negeri di Kabupaten Muaraenim mengikuti tes Bakal Calon Kepala Sekolah.

Pelaksanaan tes dilaksanakan dua hari dari tanggal 6-7 September 2018, oleh LPPKS (Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah) yang bekerjasama dengan Kemendikbud dengan Diknas Muaraenim
di Gedung SKB Muaraenim, Kamis (6/9/2018).

Baca: LIVE STREAMING 65 Bakal Kepsek SD di Muaraneim Ikuti Tes Calon Kepsek

Menurut Kadisdik Muaraenim melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Diknas Muaraenim Drs Winarto MM, bahwa tes bakal kepsek tersebut diikuti oleh 65 guru SDN se-Kabupaten Muaraenim, minimal pesertanya sudah menduduki pangkat III B, dan pada saat diangkat secara definitif minimal III C.

Kegiatan ini wajib, setiap kepala sekolah ikut tes akademik Cakep yang diselenggarakan oleh LP2KS (Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekola) mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK di Indonesia.

Baca: Live Streaming, Serunya Pemain Wiro Sableng Ngobrol Bareng Sripoku.com di Graha Tribun

"Peserta ini tesnya dua hari yakni tertulis dan wawancara. Setelah lulus, nanti ada Diklat satu minggu, baru magang di sekolah yang nanti kita tentukan oleh Diknas Muaraenim," ujar Winarto.

Sementara itu Ketua Asesor Seleksi Subtansi Bakal Calon Kepala Sekolah Kabupaten Muaraenim Tahun 2018 RM Sigid Noerachmad SE MM, bahwa sesuai dengan Permendikbud No 6 tahun 2018, tentang Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPJKS), wajib bagi guru yang ingin menjadi kepala sekolah untuk mengikuti program penyiapan calon kepala sekolah (PPJKS).

Baca: Kisah Kelam G 30S/PKI, Ini Satu-satunya Jenderal yang Lolos dari Penculikan Karena Perintah Soekarno

Bagi yang sudah menjabat Kepsek tetapi belum memliki sertifikat maka harus mengikuti Diklat penguatan kepala sekolah. Dan lembaga yang ditunjuk oleh negara adalah LPPKS.

"Tim kami, ada delapan orang, enam orang assesor sebagai penguji, dan dua panitia LPPKS sebagai pengolah data di SIM PPJKS sebagai proses penilaian," ujar Sigid.

Masih dikatakan Sigis, kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 6-7 dengan materi yakni tes tertulis dan wawancara.

Hasil seleksi subtabsi bakal calon kepala sekolah nanti akan diserahkan Diknas Muaraenim untuk mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah, Dan bagi yang tidak lulus tentu tidak dapat mengikuti Diklat tersebut.

"Saya jamin, hasil tes ini benar-benar murni dan transfaran," tukas Sigid.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help