Berita Muaraenim

Muaraenim Kembali Raih Top 99 Inovasi Tingkat Nasional 2018, Ini Inovasinya

Inovasi pelayanan publik di Kabupaten Muaraenim kembali mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Pada pertengahan tahun ini Kabupaten Muaraenim

Muaraenim Kembali Raih Top 99 Inovasi Tingkat Nasional 2018, Ini Inovasinya
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Pjs Bupati Muaraenim,Teddy Meilwansyah 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Inovasi pelayanan publik di Kabupaten Muaraenim kembali mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Pada pertengahan tahun ini Kabupaten Muaraenim kembali mendapat penghargaan di bidang inovasi pelayanan publik dari Pemerintah Pusat.

Inovasi “Rumah UMKMK Gerbang Serasan” dan inovasi “siLaKan Deh” berhasil meraih TOP 99 INOVASI SINOVIK 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rabu (4/7/2018).

Menurut Kepala Bappeda Kabupaten Muaraenim Dr Ir H Abdul Nadjib MM, bahwa Inovasi “Rumah UMKMK Gerbang Serasan” merupakan upaya pengembangan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan dan peningkatan kapasitas UMKM dalam mengelola usahanya dan mempromosikan produk unggulan setempat, melalui pusat inovasi dan pelatihan bagi pelaku UMKMK, termasuk pengembangan e-commerce.

Sedangkan inovasi “siLakan Deh” merupakan inovasi layanan “one stop service” dalam bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah, berupa fasilitas Laboratorium Keuangan yang memberikan pelayanan konsultasi, pendampingan, dan bimbingan teknis dalam pelaksanaan urusan keuangan dan aset Pemda.

Selain itu, kata Najib, Kabupaten Muaraenim akan menjadi nominasi dalam penilaian penghargaan Indonesia Attractiveness Index (IAI) 2018. Untuk itu, Bupati Muaraenim Teddy Meilwansyah, juga diundang untuk melakukan presentasi tentang keberhasilan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Muarenim, di hadapan Dewan Juri IAI 2018 untuk penilaian IAI 2018 kategori “Kabupaten terbaik Pelayanan Publik”, pada tanggal 18 Juli yang akan datang di Jakarta.

Sementara itu Penjabat Bupati Muaraenim Teddy Meilwansyah SSTP MM, menyampaikan apresiasi kepada ASN dan Perangkat Daerah Pemkab Muaraenim yang telah berhasil masuk dalam TOP 99 INOVASI 2018 tingkat Nasional.

Hal ini hendaknya menjadi pemicu dan pemacu dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik di Kabupaten Muaraenim.

Selain penghargaan TOP 99 tersebut, berkaitan dengan inovasi pemerintahan dan pembangunan, Kabupaten Muaraenim juga mendapat kesempatan sebagai pembicara dalam Pasar Ide dan Inovasi (Ideas and Innovation Marketplace) Indonesia Development Forum (IDF) 2018.

Dalam forum ini Kepala Bappeda Kabupaten Muaraenim Dr Ir H Abdul Nadjib MM, akan diundang sebagai salah satu pembicara dari kalangan Pemerintah Daerah, untuk berbagi pengalaman dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah dalam inovasi RKPD Non-APBD yang akan berlangsung di Hotel Ritz-Carlton Kuningan Jakarta.

"Acara IDF 2018 ini akan berlangsung pada tanggal 9-11 Juli yang akan datang dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo," ujar Teddy.

Dikatakan, Teddy, Inovasi pelayanan publik merupakan keniscayaan bagi Pemerintah Daerah. Melalui inovasi pelayanan publik, Pemkab Muaraenim terus berupaya untuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintah dan pelayanan publik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca: Pemilik Sertifikat Tanah yang Dibangun Venue Dayung Ancam Lakukan Pemagaran

Baca: Cueki Soal Evaluasi Pemain, Rahmad Darmawan: Saya Minta Pemain Fokus

Baca: Tak Kalah Cantik dari Acara Lamaran, Penampilan Tasya Kamila Saat Halal Bi Halal Banjir Pujian

Baca: Mengenal Lebih Dekat RM Redhoansyah, Owner Radenmat Palembang Generasi Ketiga

Baca: Paslon Nomor Urut 4, Doni-Giri Unggul di Kabupaten Muaraenim

Baca: Lagi, Bandit Pecah Kaca Kembali Resahkan Masyarakat, Begini Modus Terbarunya, Hati-Hati!

Baca: Lagi, Bandit Pecah Kaca Kembali Resahkan Masyarakat, Begini Modus Terbarunya, Hati-Hati!

Baca: KPUD Kabupaten Muaraenim Masih Melakukan Rekapitulasi Perolehan Suara Pilkada Serentak 2018

Baca: Malam Ini, Satu Jenazah Korban Kapal Tenggelam di Perairan Selayar Asal Sidoarjo, Tiba di Rumah Duka

Baca: KPUD Kabupaten Muaraenim Masih Melakukan Rekapitulasi Perolehan Suara Pilkada Serentak 2018

Baca: Malam Ini, Satu Jenazah Korban Kapal Tenggelam di Perairan Selayar Asal Sidoarjo, Tiba di Rumah Duka

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help