Virus Corona di Sumsel

Pemerintah Cabut PPKM, Rumah Sehat Covid-19 Wisma Atlet Jakabaring Tetap Siagakan 50 Bed

Meski sudah berbulan-bulan tidak didatangi pasien, ditambah lagi pemerintah telah resmi mencabut Pemberlakuan Pembatasan

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Abdul Hafiz
Rumah Sehat Covid-19 Wisma Atlet Jakabaring tetap mensiagakan 50 bed tower 7 untuk memberikan pelayanan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Rumah Sehat Covid-19 Wisma Atlet Jakabaring tetap mensiagakan 50 bed tower 7 untuk memberikan pelayanan.

Rumah sehat itu disiagakan meski sudah berbulan-bulan tidak didatangi pasien, ditambah lagi pemerintah telah resmi mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Jumat (30/12/2022).

Hanya saja saat ini pihak Rumah Sehat Covid-19 Wisma Atlet Jakabaring tidak menstanbykan petugas jaga di tempat, akan tetapi manakala dibutuhkan petugas Satgas siap memberikan pelayanan 

"Sekarang sudah dijaga lagi oleh petugas, tapi Satgas belum dibubarkan semua. Untuk lebih jelasnya silahkan tanya Kadinkes Pak Tris," kata M Bahori Nes MKes, PIC Rumah Sehat, Selasa (3/1/2023). 

Hal senada juga dijelaskan Penanggung Jawab Rumah Sehat Covid-19 Wisma Atlet Jakabaring Palembang, dr H Trisnawarman MKes SpKKLP yang juga Kadinkes Sumsel. 

"Kita standbykan tetap. Sewaktu-waktu dibutuhkan kita siap," ungkap dr H Trisnawarman. 

Menurutnya meski pemerintah telah resmi mencabut PPKM, namun kata Trisnawarman pihaknya memang tetap standby karena kasusnya belum ditutup, belum dibubarkan WHO. 

"PPKM dihapuskan tetapi status kegawatdaruratan tetap, masih ada. Kegawatdaruratan belum dibubarkan oleh WHO. Jadi kita tidak bisa membubarkan," katanya. 


Dijelaskan Trisnawarman, memang Rumah Sehat Covid-19 Wisma Atlet Jakabaring tower 7 tidak ada petugas yang jaga. Namun akan selalu standby kalau diperlukan baru petugas akan masuk. 

"Kalau ada yang menghubungi kita minta diisolasi, baru kita arahkan masuk ke sana. Baru kita turun, tidak jaga. Kalau jaga tempat kosong kan sayang anggaran. Kita bersiap saja di kontak yang kita siapkan hotline. Kalau memang ada yang butuh diisolasi kita anjurkan ke sana. Nanti ada tim tim kita yang turun," jelasnya.

Menurut dr H Trisnawarman, zero pasien covid-19 di Rumah Sehat Covid-19 Wisma Atlet Jakabaring sudah berlangsung empat bulan ini. 

"Banyak yang tidak mau dirawat. Mereka mau dirawat mandiri," terang Trisnawarman, dokter asli orang Palembang, kelahiran 9 September 1966.. 

Ia menghimbau masyarakat untuk tetap membiasakan diri hidup sehat, jaga jarak, menggunakan masker, dan yang belum vaksin untuk segera vaksin. 

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved