Buya Menjawab

Sujud Sajadah atau Sujud Tilawah

Sujud Tilawah mempunyai dua rukun, yaitu niat bagi selain makmum, sedangkan bagi makmum maka niat imamnya cukup baginya.

Editor: Bejoroy

SRIPOKU.COM -- Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
MAAF Ustadz, ada lagi yang sering diperdebatkan soal sujud sajadah karena ada yang menganggap batal sholat sebab tambah raka’at.
Terima kasih.
0812716xxxx

Jawaban:
Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.
RASULLULAH Saw. apabila sholat Subuh pada hari Jum’at, membaca surah Alif Lam Miim Assajadah dan melakukan sujud Sajadah atau Sujud Tilawah setelah membaca ayat ke lima belas.

Menurut Ulama Syafi'iyyah Sujud Tilawah disebabkan tiga; yaitu membaca, mendengar dan tidak sengaja mendengar. Sujud Tilawah mempunyai dua rukun, yaitu niat bagi selain makmum, sedangkan bagi makmum maka niat imamnya cukup baginya. Rukun kedua adalah sujud satu kali seperti sujud dalam shalat. Bagi orang shalat niat sujud tilawahnya di dalam hati.

Adapun bagi orang diluar shalat maka ditambahkan tiga rukun lagi, yaitu takbiratul ikhram, duduk setelah sujud, dan salam. Untuk niat sunnahnya dilafadzkan.

Tata cara sujud Tilawah: bertakbir ketika turun dan bangkit, namun tidak disunnahkan mengangkat kedua tangan dalam sholat. Adapun di luar shalat maka sunnahnya mengangkat kedua tangan. Sujud tilawah dalam sholat tidak perlu duduk istirahat ketika akan bangkit dari sujud. Adapun yang dibaca dalam sujud adalah tasbih yang redaksinya berbunyi: "Subhana Rabbiyal a'la" sebanyak tiga kali. Kemudian ditambah doa' SAJADA.
Artinya: "Aku perkenankan wajahku bersujud bagi yang menciptakan dan membaguskan ciptaanya, merelakan pendengaran dan penglihatannya terbelah. Maha Suci Allah Dzat sebaik-baik Pencipta".

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Allah SWT. di dalam surah al-Insyiqaaq mencela orang-orang yang meninggalkan sujud: "Dan apabila Al-Quran dibacakan kepada mereka,
Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Umar ra. ia berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah membaca surah Al-Quran kepada kami. Kemudian ketika membaca surah as-Sajdah beliau sujud dan kami semua sujud, sehingga ada sebagian kami tidak mendapatkan tempat untuk sujud.(HR.Muttafaq alaih-Nailul Authar, Vol.III, hlm.100)

Rasulullah Saw. membaca surah sajdah dalam sholat Subuh pada hari Jum'at, dan beliau sujud ketika sampai pada ayat ke lima belas dan melanjutkan bacaan surah tersebut setelah bangkit dari sujud Tilawah.

Ulama Syafi'iyah dan Hanabilah berkata, "Ayat sajdah itu jumlahnya ada empat belas. Dua di antaranya dala surah al-Hajj. Adapun sujud dalam surah Shaad adalah sujud syukur yang disunnatkan di luar shalat dan haram hukumnya dilakukan dalam sholat, bahkan membatalkan sholat menurut pendapat yang lebih shahih." (Mughnil Muhtaaj, Vol.I, hlm. 214).

Imam Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra., ia berkata, "Surah Shaad tidak termasuk ayat Sajdah. Dan aku melihat Rasulullah Saw. sujud pada surah Shaad." Beliau bersabda; "Nabi Dawud sujud pada surah itu untuk pendapat ini dikuatkan oleh Melakukan sujud Tilawah adalah bukti keimanan dan juga pintu menuju Surga, karena Abu Hurairah ra. meriwayatkan hadits secara marfu': "Jika anak Adam
Di dalam sholat berjama'ah, menurut mazhab Syafi'i makmum.

Selanjutnya menurut mazhab Syafi'i, jika imam bertasyahhud awal dan makmum berdiri dengan sengaja maka sholatnya makmum tidak batal karena makmum pindah ke fardhu yang lain, yaitu berdiri. Namun disunnahkan bagi makmum untuk kembali, keluar dari perbedaan hal yang wajib.

Kesesuaian antara imam dan makmum dalam melakukan yang sunnah terbatas pada tiga macam ; Yaitu sujud tilawah pada sholat Subuh pada hari Jum'at, sujud sahwi, dan tasyahhud awal . Adapun qunut, makmum tidak wajib mengikuti imam, baik mengikuti ataupun meninggalkannya, ketika imam tidak membaca qunut subuh, makmum dibolehkan membaca qunut, atau sebaliknya apabila imam membaca do'a qunut Subuh, makmum dibolehkan tidak membacanya. Apabila imam sujud tilawah, tetapi makmum tidak mengikuti imam maka sholat makmum menjadi batal. Adapun sujud sahwi dalam shalat berjama'ah dilakukan oleh imam sedangkan makmum ikut sujud sahwi, dan mengucapkan salam, menunggu imam selesai salam ke kanan dan ke kiri.

Demikian penjelasan atas permasalahan yang bapak kemukakan. Mudah-mudahan dapat di pahami dan disepakati. (*)

Jangan lupa subscribe, like dan share channel TikTok Sriwijayapost di bawah ini:

Logo TikTok Sripoku.com
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved