Berita OKU Selatan

Para Petani Kopi di OKU Selatan Berlomba-lomba Bangun Home Stay di Sekitar Objek Wisata Danau Ranau

Dengan banyaknya home stay di sekitar Objek Wisata Danau Ranau para wisatawan tak perlu lagi mengkhawatirkan tempat menginap.

Penulis: Alan Nopriansyah | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Salah satu home stay di Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Lokasinya hanya berjarak ratusan meter dari Objek Wisata Danau Ranau. Gambar diambil Kamis, (4/8/2022). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Pasca panen para petani kopi yang tinggal di seputaran Objek Wisata Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatera Selatan, berlomba-lomba membangun home stay.

Para petani kopi tersebut optimis Objek Wisata Danau Ranau akan maju pesat.

Dengan banyaknya home stay di sekitar Objek Wisata Danau Ranau para wisatawan tak perlu lagi mengkhawatirkan tempat menginap.

Baca juga: Revitalisasi Wisata Danau Ranau Kabupaten OKU Selatan Dapat Dukungan Kemenparekraf RI

"Ya sekarang yang mendirikan home stay sudah menjamur. Kita meyakini dari progres pemda dalam memajukan Objek Wisata Danau Ranau," ujar Sudirman, warga sekitar Objek Wisata Danau Ranau, Kamis (4/8/2022).

Menurut Sudirman yang merupakan pemilik penginapan sekaligus pedagang kuliner di Objek Wisata Danau Ranau, kemajuan dari destinasi wisata itu menjadi kesempatan warga setempat membangun usaha home stay dan UMKM lainnya.

Salah satu home stay di Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Lokasinya hanya berjarak ratusan meter dari Objek Wisata Danau Ranau. Gambar diambil Kamis, (4/8/2022).
Salah satu home stay di Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Lokasinya hanya berjarak ratusan meter dari Objek Wisata Danau Ranau. Gambar diambil Kamis, (4/8/2022). (SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH)

"Selain penginapan, warga pribumi yang memiliki lokasi strategis membuka usaha dagang kuliner," ujarnya.

Diakuinya, sementara ini warga setempat masih memanfaatkan peluang usaha kuliner dan penginapan yang dimulai dengan tarif Rp 80 ribu hingga Rp 300 ribu per malam.

Home stay sendiri merupakan, bangunan rumah yang didirikan oleh penduduk setempat dengan harga yang lebih ekonomis dibanding penginapan atau hotel.

Baca juga: Danau Ranau Menjadi Pilihan untuk Menghabiskan Liburan Panjang, Pantai Bidadari Favorit Pengunjung

Antusiasme warga membangun home stay dan usaha kuliner merespon program pemerintah setempat yang bakak menjadwalkan even atau kegiatan rutin di Objek Wisata Danau Ranau.

Kamar salah satu home stay di Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Lokasinya hanya berjarak ratusan meter dari Objek Wisata Danau Ranau. Gambar diambil Kamis, (4/8/2022).
Kamar salah satu home stay di Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Lokasinya hanya berjarak ratusan meter dari Objek Wisata Danau Ranau. Gambar diambil Kamis, (4/8/2022). (SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH)

'Ya, tahun depan kita sudah progreskan setiap bulan ada even yang dibuka di wisata Danau Ranau dari Pemerintah Daerah untuk kemajuan wisata serta pendapatan ekonomi warga setempat," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan Josh Akherman, SSTP, MSi.

Dapatkan berita terkait dan informasi penting lainnya dengan mengklik Google News

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved