Lapor Mang Sripo

Usulan Buat Dinas Perhubungan

LAMPU lalu lintas (traffic light) merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengatur pergerakan kendaraan di suatu simpang.

Editor: Bejoroy
sripoku.com/sadam
Ilustrasi - Suasana di sekitar kawasan Taman Sekanak Lambidaro saat lampu lalu lintas yang ada di sana rusak, Selasa (8/2/2022) malam. 

SRIPOKU.COM -- LAMPU lalu lintas (traffic light) merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengatur pergerakan kendaraan di suatu simpang. Lampu lalu lintas yang terpasang di Kota Palembang, sebelumnya telah dilengkapi dengan penghitung waktu mundur (countdown timer). Fungsi countdown timer adalah untuk mengetahui waktu yang tersedia setiap fase sehingga memudahkan pengendara dalam mengambil keputusan kapan akan mulai jalan maupun berhenti.

Namun saya sesalkan, falitas dan sarana ini, boleh dibilang tidak ada lagi. Padahal adanya penghitung waktu mundur, pengendara bisa menentukan sikap. Saya usulkan, agar sarana dipasangkan kembali. Kenapa hal ini saya sampaikan, tentu berdasarkan pengalaman pribadi dan sharing dengan sejumlah pengendara.

Misal ada kejadian tabrakan di Simpang Polda beberapa waktu lalu. Kebetulan saat itu, lampu lalu lintas masih nyala warna hijau. Kendaraan dari searah terus berusaha mengejar lampu hijau agar bisa menyeberang ke Jalan Demanglebar Daun. Mobil minibus Avanza yang berada di lajur tingga sisi kiri, lebih dahulu berhentik karena lampu sudah menyala warna merah.

Namun mobil sedan di belakang, berada di lajur tengah berhenti mendadak (mengerem) karena tak bisa lagi menerobos lampu hijau. Sialnya, di belakang mobil sedan, terdapat pengendara sepeda motor yang melaju kencang berada di jalur tengah terkejut saat mobil sedang berhenti mendadak sehingga pengendara motor terpaksa ke kiri dan menabrak mobil avanza.

Kejadian ini nyata karena pengendara tidak bisa mengambil keputusan kapan akan berhenti karena hitungan detik perubahan dari hijau, kuning dan merah tidak diketahui. Namun jika ada angka perhitungan waktu mundur, mungkin saja kecelakaan itu tidak terjadi.

Untuk kebaikan, diharapkan Dinas Perhubungan memasangkan kembali traffic Light yang dilengkapi Countdown timer.

Joko
087796152xxx

Jangan lupa subscribe, like dan share channel TikTok Sriwijayapost di bawah ini:

Logo TikTok Sripoku.com
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved