Berita Muara Enim

Kamera ETLE Bisa Ungkap Aksi Kejahatan, Polres Muara Enim Pasang Kamera Sistem Tilang Elektronik

Wilayah hukum Polres Muara Enim mulai dipasang sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), tujuannya untuk menangkap para

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Ardani Zuhri
Polres Muara Enim dan Pemkab Muara Enim sedang melakukan persiapan pemasangan sitem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di depan RSUD dr HM Rabain Muara Enim, Rabu (29/6/2022). 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Wilayah hukum Polres Muara Enim mulai dipasang sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), tujuannya untuk menangkap para pelanggar lalu lintas, dan bisa membantu mencari pelaku kriminal melalui kamera yang bekerja selama 1 x 24 jam.

"Jadi ETLE ini bisa multifungsi, dan banyak sekali manfaatnya," kata Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIk melalui Kasat Reskrim AKP Indrowono SH di lokasi pemasangan Kamera ETLE di depan RSUD dr HM Rabain Muara Enim, Rabu (29/6/2022).

Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rabu (29/6/2022)
Kapolrs Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIk

Menurut Indrowono, tujuan pemasangan ETLE tersebut selain menertibkan pengguna kendaraan berlalu lintas juga berguna di lapangan untuk memudahkan pengawasan.

Tidak hanya mampu menangkap pelanggar lalu lintas, kamera ETLE juga mempunyai fungsi lain yaitu bisa membantu mencari pelaku kriminal.

"Kasus kejahatan lalu lintas yang bisa ditindak seperti yang baru saja terjadi kasus tabrak lari dan lainnya," jelasnya.

Menurutnya, pengungkapan kasus dengan kecanggihan ETLE, juga mendeteksi apabila pengguna kendaraan bermotor menggunakan nomor polisi palsu atau tidak sesuai dengan kendaraannya.

Sehingga diharapkan para pengendara jangan sekali-kali melakukan kejahatan di jalan, dan budayakan tertib berlalu lintas.
Untuk saat ini, lanjut Indrowono, di wilayah hukum Polres Muara Enim, akan dipasang tiga kamera ETLE yakni di depan RSUD dr HM Rabain Muara Enim, di depan Lapangan Merdeka dan Simpang empat Desa Kepur.

Namun untuk sementara itu, dipasang dahulu satu titik yakni di depan RSUD dr HM Rabain Muara Enim.

Dan kita targetkan akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023, tiga kamera ETLE sudah terpasang seluruhnya dan penegakan ETLE sudah bisa dilakukan.

"Saat ini, kita lakukan sosialisasi dahulu terhadap pengguna kendaraan sebelum dilakukan penindakan," pungkasnya.

Masih dikatakan Indrowono, bahwa ETLE ini juga terintegrasi dengan ETLE Nasional yang ada di Korlantas Polri sehingga dalam penerapannya akan terhubung dengan big data Korlantas Polri yang meliputi data ERI Nasional, data base SIM, E-Tilang, TAR, E-Turjawali.

Dengan diterapkan penindakan pelanggaran dengan ETLE diharapkan disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas lebih baik dan tertib, untuk mengurangi terjadinya kemacetan dan mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas. (ari)

 

 


 
 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved