Buya Menjawab

Qurban Satu Kambing untuk Berapa Orang

SUDAH dipahami oleh ummat Islam bahwa berqurban kambing untuk satu orang, sedangkan sapi, kerbau atau onta untuk tujuh orang.

Editor: Bejoroy
Tribunsumsel/Nando
Ilustrasi - Puluhan sapi dan kambing sudah dijual warga Desa Sungai Pinang 1, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir (lokasi berbatasan dengan kabupaten Ogan Komering Ilir), Minggu (22/5/2022) sore. 

SRIPOKU.COM -- Assalamu’alaikum.Wr.Wb
USTADZ saya mau bertanya, kalau ibu-ibu jama’ah pengajian akan menabung untuk qurban tahun depan, tapi patungan semampunya, bukan seekor kambing untuk satu orang, tapi satu ekor kambing patungan beberapa orang, apakah boleh ya Ustadz? Mohon penjelasannya.

Terima kasih.
0812785XXXX

Jawaban
Wa’alaikumussalam.Wr.Wb.
SUDAH dipahami oleh ummat Islam bahwa berqurban kambing untuk satu orang, sedangkan sapi, kerbau atau onta untuk tujuh orang. Jika patungan beberapa orang untuk seekor kambing sesuai kemampuan yang ada, itu pun diapresiasi oleh Allah Swt. Artinya sebagai sedekah yang baik. Walaupun belum termasuk kriteria qurban.

Semoga dengan niat yang ikhlas demikian Allah SWT. Akan membukakan pintu rezeki yang berlimpah di tahun mendatang sehingga masing-masing mereka dapat berqurban sebagaimana yang dinyatakan di dalam syariat Islam.

Berqurban dianjurkan oleh Rasulullah Saw. setiap tahun, hukumnya sunnat kifayah artinya satu orang yang berkurban dalam satu keluarga, maka seluruh anggota keluarga memperoleh pahala kebaikan berkurban. Sebagaimana dinyatakan oleh Rasulullah Saw.: “LI KULLI BAITIN UDLHIYATUN FII KULLI ‘AAMMIN “ Setiap keluarga berkurban setiap tahun”. Allah pun menyatakan dalam Firman-Nya: ”FATTAQULLAHA MASTATHO’TUM”. Artinya: ”Bertaqwalah kepada Allah SWT. menurut kadar kemampuan kalian masing-masing”.

Akan tetapi jika ibu-ibu yang patungan tersebut memiliki kemampuan finansial, tapi mereka patungan sekedarnya saja, maka mereka dikelompokkan kepada kelompok orang-orang yang bakhil. Demikian penjelasan pertanyaannya. (*)

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved