Berita Daerah

Warga Gotong Royong Memasang Bantalan, Kades:Jalan Sudah Sering Diperbaiki, Butuh Proses Perencanaan

Sehingga air menggenangi badan jalan yang mengakibatkan jalan tanah menjadi lumpur sulit dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/dok. warga Muaratara
Suasana warga gotong-royong membuat pelataran di atas tanah berlumpur dari Jalan dari Kelurahan Karang Dapo menuju Desa Setia Marga Kabupaten Muratara Provinsi Sumsel, yang sulit dilalui oleh kendaraan, Minggu (19/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunSumsel.com, Rahmat Aizullah 

SRIPOKU.COM, MURATARA -- Untuk memperlancar akses jalan alternatif Kelurahan Karang Dapo menuju Desa Setia Marga (SP4) di Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), warga bersama unsur pemerintahan bergotong royong memperbaikinya dengan cara memasang penahan bantalan dengan lantai papan.

Pantauan wartawan, kerusakan jalan tersebut terjadi apabila diguyur hujan, dan sepanjang jalan belum ada saluran pembuang air.

Sehingga air menggenangi badan jalan yang mengakibatkan jalan tanah menjadi lumpur sulit dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tak heran kalau di sepanjang jalan tersebut ditemukan titik-titik jalan berlumpur, walaupun menurut informasi jalan ini sudah sering dilakukan perbaikan, namun sebentar rusak, mengingat kualitas bangunan diduga tidak diutamakan.

Melihat kondisi demikian, warga prihatin dengan banyaknya kendaraan yang sulit melintas, masyarakat bersama pemerintah kecamatan dan desa kelurahan sekitar berinisiatif membuat pelataran kayu balok dan berlantai papan setebal 4 sampai 5 sentimeter. 

"Kami membuat pelataran dengan cara gotong-royong, alhamdulillah masyarakat kompak," kata Camat Karang Dapo Hasbi Asidqi pada TribunSumsel.com, Minggu (19/6/2022). 

Ia mengakui ketika musim hujan seperti saat ini jalan tersebut sangat menyulitkan aktivitas warga untuk keluar masuk desa. 

Begitu juga para petani karet dan kelapa sawit pun kesusahan mengeluarkan hasil kebun mereka. 

Apalagi selain menghubungkan antara Kelurahan Karang Dapo dengan Desa Setia Marga (SP4) dan Desa Bina Karya (SP5), jalan ini juga merupakan akses alternatif untuk ke kabupaten tetangga yakni Musi Rawas (Mura).

"Masyarakat mau belanja ke pasar, anak-anak sekolah, petani bawa hasil panen, lewat sini semua, mau ke Mura juga dekat lewat sini," katanya. 

Kepala Desa Setia Marga Bambang Hadianto mengungkapkan, jalan yang rusak di wilayah itu sudah sering diperbaiki pemerintah atau gotong-royong masyarakat. 

Bahkan Pemprov Sumsel juga sudah memberikan bantuan untuk memperbaiki di beberapa titik kerusakan. 

"Beberapa titik yang parah sudah dibangun beton dan aspal, bantuan dari Pemprov, ada dari Pemkab juga," katanya. 

Halaman
12
Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved