Lapor Mang Sripo

Penyebab Suhu Panas Mendadak Hujan

Saat ini iklim di Indonesia tengah masuk dalam peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau.

Editor: Bejoroy
Tribunjogja.com
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Kepada Yth Kepala BMKG SMB II Palembang atau Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Kota Palembang. Saat ini iklim di Indonesia tengah masuk dalam peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau.

Menjadi pertanyaan tolong jelaskan penyebab suhu panas akhir – akhir ini, Cuaca panas namun tiba-tiba turun hujan.

Terima kasih. 089537314xxxx.

Indonesia Tengah Masuk Peralihan Musim
Terima kasih atas atensinya. Untuk informasi, Suhu di Kota Pelambang saat ini terpantau antara suhu 33-35 Celcius, masih dalam batas normal yang biasa terukur. Namun memang tetap dirasakan kurang nyaman oleh masyarakat dibanding saat musim hujan. Dan memang saat ini iklim di Indonesia tengah masuk dalam peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. Suhu udara yang panas akhir-akhir ini diakibatkan oleh gerak semu matahari yang berada di sekitar khatulistiwa yang menyebabkan pancaran sinar matahari maksimal.

Disamping itu, saat ini Sumatera Selatan (Sumsel) memasuki awal musim kemarau yang menyebabkan berkurangnya pertumbuhan awan hujan, berkurangnya tutupan awan dan berkurangnya intensitas hujan. Dengan kondisi suhu yang cukup panas, agar masyarakat Sumsel, khususnya Kota Palembang, untuk dapat beradaptasi dengan cuaca panas di musim kemarau ini. (cr34)

V Sinta Andayani MT
Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved