Wawancara Eksklusif

Gibran Ungkap Perasaan Memimpin Kota Solo, Tidak Etis Kalau Saya Langsung Hubungi Presiden

Kalau langsung menghubungi presiden itu ya kurang etis kalau menurut saya. Kita sesuai protokol saja.

Editor: Soegeng Haryadi
TRIBUNNEWS.COM
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka 

WALI KOTA Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga putra Presiden RI Joko Widodo, tak langsung nyaman saat dilantik. Ia harus berhadapan dengan perekonomian Solo yang terimbas pandemi Covid-19. Kala itu pertumbuhan ekonomi kota minus 1,74 persen. Hal ini diungkapkan Gibran saat diwawancarai khusus oleh Direktur Pemberitaan Tribunnetwork Febby Mahendra Putra, Kamis (12/5/2022). Berikut wawancara khusus Gibran selengkapnya.

*******

Waktu menjadi Walikota Solo, kita menghadapi bencana Covid-19 yang melumpuhkan Republik ini, termasuk Solo. Apa yang dirasakan?
Jadi waktu saya dilantik itu memang keadaan serba susah. Pertumbuhan ekonomi sudah minus 1,74. Selain Delta kita juga dipukul Omicron, jadi memang kita benar-benar ditempa ya di tahun pertama. Benar-benar diuji, tantangannya banyak sekali. Anggaran pun banyak sekali yang di-refocussing. Ya di tahun pertama kita benar-benar ditempalah. Tapi sekarang keadaan sudah mulai membaik. Dari tahun lalu kita minus 1,74 sekarang sudah pertumbuhan ekonominya diatas 4 persen. Jadi diatas rata-rata Jawa Tengah. Sudah sangat baik, UMKM sudah mulai bangkit lagi, hotel-hotel okupansinya mulai penuh, jadi sudah mulai kelihatan lah perbaikannya. Dan percepatan pemulihan ekonomi menjadi salah satu fokus kita di tahun ini.

Krusial poin pada waktu varian Delta menyerangkan setelah lebaran. Saat ini juga setelah lebaran, apakah akan muncul seperti itu? Apa antisipasinya?
Ya saya waktu itu dilantik hari Jumat. Besoknya atau Sabtu kita terjun langsung untuk memulai vaksinasi. Jadi satu hari setelah dilantik kita langsung vaksin dan yang paling kami utamakan di hari pertama vaksin itu adalah pedagang pasar tradisional. Soalnya kita nggak ingin ada klaster di pasar tradisional. Kita nggak ingin pasarnya ditutup, jadi kita ingin kegiatan ekonomi warga tetap berjalan selama ada Covid-19.

So far, vaksinasi mencapai target sampai tahun 2022?
Kalau vaksin pertama dan kedua kita sudah melebihi target. Dari awal dulu kita selalu capaian vaksinasinya selalu paling tinggi se-Jateng. Booster pun kita sekarang paling tinggi se-Jateng.

Booster berapa persen?
Boosternya 55 persen. Tapi itu saja sudah paling tinggi se-Jateng dan kalau vaksinasi pertama dan kedua sudah melebihi 100 persen. Ya inilah kita dorong terus warga untuk melakukan vaksinasi, karena sudah terbukti ampuh.

Untuk mencapai 50 persen sisanya apa yang akan dilakukan?
Ya kita dorong terus. Karena ini sepertinya tidak dialami Solo saja, jadi antusiasme warga untuk vaksin booster ini kurang. Beda dengan vaksinasi pertama dan kedua. Semua berbondong-bondong. (Mungkin) karena merasa kasusnya sudah habis, jadi mungkin agak meremehkan. Ini kasusnya sudah hampir nol.

Ada upaya agar orang semangat booster? Doorprize mungkin?
Kita selalu ada. Sembako, doorprize selalu ada. Ini kemarin kita juga misalnya teman-teman suporter tim bola kita dorong juga. Kalau mau nonton langsung di stadion harus booster dulu. Semua berbondong-bondong, jadi harus ada gimmick-gimmick tertentu untuk mendorong.

Kalau stok vaksin?
Kalau stok sudah mencukupi, booster sangat-sangat mencukupi. Nggak masalah.

Anda yang merupakan putra presiden, sudah setahun menjabat sebagai walikota. Apa yang dirasakan saat menjadi pejabat publik?
Apa ya yang dirasakan? Saya biasa saja itu.

Ada anggapan Anda akan lebih mudah membangun kota ini karena Anda putra presiden. Termasuk hubungan dengan pemerintah pusat?
Nggak, nggak, nggak. Semua berjalan normal saja seperti biasa. Kalau langsung menghubungi presiden itu ya kurang etis kalau menurut saya. Kita sesuai protokol saja.

Kota Solo menjadi ikon. Mau dibawa kemana?
Yang jelas kita sekarang 2022 fokus pemulihan ekonomi. Dan kemarin sudah saya tegaskan kita punya 10 prioritas pembangunan fisik di Kota Solo. Salah satunya revitalisasi kebun binatang kita. Sudah bertahun-tahun keadaannya seperti itu, kemarin sempat tidak bisa memberi makan pegawai. Ini sekarang sudah kita carikan investor juga.

Apakah pengelolaan kebun binatang itu akan diserahkan ke investor?
Nggak. Join dengan BUMD kita. Target Desember selesai. Kalau kebun binatang ini tanpa APBD, lalu kita juga ada tempat yang saya kunjungi siang hari setelah dilantik yaitu Simpang Tujuh Joglo. Ini salah satu titik kemacetan, ini juga sudah segera kita bangun juga untuk elevated rail. Jadi nanti bentang relnya kita paling panjang se-Indonesia.

Potensi wisata di Solo dari segi jumlah kalah dari kabupaten sebelah, Karanganyar. Bagaimana supaya Solo tidak kalah?
Sekali lagi, destinasi wisatanya harus diperbaiki semua. Harus direvitalisasi, konten-kontennya diperbaiki, promosinya diperbaiki. Dinas Pariwisata juga saya tegaskan evennya harus bisa mengandung selain orang Solo, jadi jangan cuma orang Solo saja yang melihat tapi orang luar kota juga harus menikmati. Sehingga hotel-hotel kita juga penuh. Jadi fokusnya 10 titik tadi adalah untuk perbaikan destinasi wisata kita.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved