Lapor Mang Sripo

Sungai Lingkis Ogan Komering Ilir Tercemar

Kami warga Desa Lingkis Kecamatan Jejawi minta tolong perhatikan dan ditindaklanjuti AMDAL Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit.

Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/Ts Winando
Aliran Sungai Lingkis tercemar limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di wilayah Desa Lingkis Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI Provinsi Sumsel. 

SRIPOKU.COM -- Kepada Yth Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten OKI. Kami warga Desa Lingkis Kecamatan Jejawi minta tolong perhatikan dan ditindaklanjuti Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit.

Karena di lingkungan Sungai Lingkis tercemar diduga limbah pabrik kelapa sawit. Akibat Air Sungai tercemar, kami warga desa merasa resah dan tidak nyaman apalagi badan kini mengalami gatal-gatal.

Terima kasih. 08779103xxxx

Jawab:
Secara Kasat Mata Memang Tercemar

Terima kasih atas atensinya. Dengan informasi ini, kami telah mengirimkan Tim untuk turun ke lapangan guna mengidentifikasi bersama apakah sungai ini benar tercemar atau tidak. Kalau secara kasat mata memang terlihat ada seperti lemak (minyak) dan juga ada kandungan zat besi (Fe). Tapi belum bisa kita pastikan karena menunggu hasil laboratorium Provinsi dengan mengambil sampel di 3 titik sungai.

Untuk hasilnya menunggu 10 hari ke depan. Nantinya jika terbukti air sungai tercemar akibat limbah pabrik, maka sanksi akan dilayangkan kepada pabrik tersebut. Kita lihat dulu hasil dan indikasinya, apakah hasilnya melebihi ambang batas zat-zat tertentu, kalau sudah keluar hasilnya nanti tim ketahanan kita menindaklanjuti bersama dinas lingkungan hidup kabupaten dan provinsi.

Mengenai kebijakan kepedulian pabrik terhadap AMDAL selama ini, Aris menuturkan jika tindakan pihak pabrik sejauh ini sudah mencerminkan perusahaan yang layak lingkungan. Mengenai pabrik ini pernah kita lihat jika untuk kolam penampungan limbahnya sudah tersedia dan memenuhi syarat Amdal.

Bahkan tiap semester juga mereka lakukan uji limbah di sungai-sungai sekitar pabrik, dan setiap bulan juga mengirimkan hasil lab terkait limbah. (Ts Winado)

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved