Lapor Mang Sripo

Berapa Besaran Zakat Fitrah Tahun Ini

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang telah menetapkan besaran zakat fitrah 1443 H/ tahun 2022 sebesar Rp 25.000.

Editor: Bejoroy

SRIPOKU.COM -- Kepada Bapak-Bapak pengurus BAZ, untuk tahun ini, berapa banyak zakat fitrah dan jika diuangkan besar. Terima kasih, soal pada setiap masjid tidak sama. Ada yang menetapkan 2,5 Kilogram dan ada yang menyebutkan 3 Kilogram.

Muhammad Thamrin
Bukitbesar 081278676xxx

Baca juga: Cara Bayar Zakat Online Baznas, Cukup Lewat Smartphone Tinggal Klik

Sama Seperti Tahun Lalu
LANGSUNG saja, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang telah menetapkan besaran zakat fitrah 1443 H/ tahun 2022 sebesar Rp 25.000. Besaran ini jauh berbeda dengan di Jawa Barat yang bisa dua kali lipat nilainnya.

Hal ini sesuai dengan hasil kesepakatan Baznas bersama Kementerian Agama (Kemenag) dan lembaga- lembaga lainnya di kota Palembang beberapa waktu lalu, dna jika diuangkan Rp 25.000/jiwa. Dengan ditetapkan besaran nilai zakat fitrah ini, kita berharap bisa menjadi panduan bagi masyarakat Kota Palembang untuk menyalurkan kewajibannya sebagai umat muslim untuk berzakat.

Di Baznas Kota Palembang sendiri, untuk target zakat mal (zakat harta) dari lingkup kota Palembang sendiri, sekitar Rp 1 milliar pada bulan Ramdahan tahun ini. Target itu dikumpulkan dari seluruh aparatur sipil negara (ASN) maupun non ASN (pengusaha atau lainnya).

Kalau zakat fitrah kami tidak ada target karena kami serahkan ke masjid dan mushollah masing- masing. Untuk memudahkan pengumpulan zakat yang ada dan resmi, Baznas Palembang telah membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang tersebar di masjid dan mushollah. Dimana di kota Palembang terdapat sekitar 980 masjid dan 1.200 Mushollah.

Ridwan Nawawi
kata Ketua Baznas Kota Palembang

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Logo instagram.com/sriwijayapost/
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved