Buya Menjawab

Zakat Biaya Haji

Apakah uang yang sudah saya setor untuk mendapatkan porsi haji itu terkena zakat? Mohon penjelasan buya. Terima kasih.

Editor: Bejoroy
https://www.tokopedia.com/
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA, saya mendaftar haji di Kemenag tahun 2013, yang keberangkatannya masih lama. Sementara menunggu keberangkatan/pelunasan biaya haji saya sudah sisihkan di rekening tabungan haji.

Apakah uang yang sudah saya setor untuk mendapatkan porsi haji itu terkena zakat? Mohon penjelasan buya. Terima kasih.

0819782xxxx

Jawaban:
Wa.alaikumussalam.Wr.Wb.
BAPAK Calon Haji, uang yang disetorkan ke Kemenag untuk mendapatkan porsi haji tersebut masih dalalm status uang milik Calon Jamaah Haji. Jika nanti sudah saatnya mau berangkat barulah diperintahkan untuk melunasi tambahan biaya hajinya. Jika tidak jadi berangkat karena meninggal dunia atau sakit yang tidak memungkinkan dapat berangkat haji, maka uang setoran awal tersebut dapat diambil kembali.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Oleh karena itu apabila suami isteri sudah menyetorkan uang awal untuk mendapatkan Porsi haji Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dan ada tabungan di rekening haji masing-masing suami isteri Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) berarti secara kumulatif berjumlah Rp 70.000.000 (tujuh puluh juta rupiah). Jika ada uang simpanan lain yang bukan di rekening haji saja, secara kumulatif setiap tahun dikeluarkan zakatnya 2,5 %. Karena uang tersebut sudah mencapai Nisab dan Haul.

Zakat hukumnya wajib, apabila tidak dikeluarkan zakatnya, maka harta yang 2,5 % tidak dikeluarkan itu menjadi haram hukumnya. Apabila harta yang haram itu dijadikan bekal untuk haji, maka hajinya tidak mabrur. Padahal setiap calon jamaah haji menginginkan haji mabrur karena ganjaran haji mabrur adalah Surga.

Dalam sebuah dialog seorang sahabat meminta petunjuk kepada Rasulullah saw.: "Dari Abu Ayyub Kholid bin Zaid Al-Ansory ra. Bahwasanya seorang Laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw. "Ya Rasulallah! Beritahukan kepadaku amal-amal apa yang akan memasukkan aku ke Surga? Nabi Muhammad saw. mengatakan: Engkau mengabdi(menyembah) kepada Allah swt., dan jangan mensekutukanNya dengan sesuatu, dan mendirikan shalat, dan menunaikan zakat dan menghubungkan silaturrahim. (Muttafaq 'alaihi)

Dari dialog tersebut di atas, memberikan panduan bagi seseorang yang mempersiapkan dirinya sebagai calon penghuni Surga adalah;

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Logo instagram.com/sriwijayapost/

Pertama, melakukan pengabdian yang ikhlas semata-mata karena Allah swt. apapun yang dilakukan oleh seseorang dalam aktifitas kesehariannya adalah dalam kerangka pengabdiannya sebagai hamba Allah swt. (Ibadah umumiyah). Profesi yang dia tekuni adalah amanah Allah swt. sebagai kontribusinya dalam upaya memberikan kemudahan bagi umat manusia dalam kehidupan dimuka bumi ini. Melaksanakan tugas secara professional dan proporsional dengan pengertian ikhlas dan inilah yang dimaksud Rasulullah saw. dengan memiliki sifat sempurna. Sifat sempurna menurut Rasulullah saw. itu adalah; "Berkata benar dan bekerja dengan jujur".

Kedua, tidak melakukan sesuatu yang cenderung ke arah syirik; seperti ria, yaitu dalam semua kegiatannya ingin mendapat pujian orang. Memang Rasulullah saw. menghawatirkan umatnya kelak dapat terkontaminasi oleh syirik kecil yaitu ria. Orang yang melakukan ibadah karena ria artinya tidak ikhlas karena Allah swt., maka pada hari kiamat kelak Allah swt. tidak mau berbicara kepadanya. Malah Allah swt. memerintahkan kepada orang yang ria tersebut supaya minta pahala kepada orang-orang yang mereka riai ketika di dunia. Oleh karena itu apapun yang mereka lakukan apabila didorong oleh ria, tidak ada nilainya sedikitpun di sisi Allah swt.

Ketiga, mendirikan sholat, tentu sholat yang khusyuk, Hudlur dan Tadabbur. Keempat , menunaikan zakat dan kelima menghubungkan silaturrahim. Demikian jawaban buya. Terimakasih. (*)

Jangan lupa subscribe, like dan share channel TikTok Sriwijayapost di bawah ini:

Logo TikTok Sripoku.com
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved