Buya Menjawab

Doa Iftitah

Doa iftitah “inni wajjahtu wajhiya lillazi fathorossamaawatiwal ard…. Tidak ditemukan di dalam hadits shoheh (Bukhari dan Muslim)

Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/Antoni
Ilustrasi - Doa Iftitah. 

SRIPOKU.COM -- Assalamu’alaikum Wr Wb
BUYA, kami dengar ust. kondang di youtube menyatakan bahwa: ”Doa iftitah “inni wajjahtu wajhiya lillazi fathorossamaawatiwal ard…. Tidak ditemukan di dalam hadits shoheh (Bukhari dan Muslim) saya ada sebanyak 1235 kitab hadits, saking palsunya, di dalam kumpulan hadis palsupun tidak ditemukan”.

Begitu kata ustd tsb. Mohon penjelasan buya. Terima kasih.

0812 780xxxx

Baca juga: Jarang Diketahui, Siapa Sangka Ternyata Inilah Kesalahan Kita dalam Membaca Doa Iftitah Saat Sholat

Baca juga: Selama Ini Jarang Disadari, Ternyata Ada 3 Kesalahan dalam Membaca Doa Iftitah, No 1 Sia-sia Belaka

Jawab:
Waalaikumussalam Wr Wb
Ananda, Kitab hadits Bukhari dan Muslim yang dibacanya itu yang sudah di edit oleh Wahabi, jadi tidak ditemukan oleh “Ustd Kondang” tsb. Do’a iftitah tersebut ada di dalam hadits Riwayat Ahmad, Muslim,Tarmidzi, dan menshohehkannya dari Ali Ibni Abi Thalib.

Bertawajjuh (membaca daa iftitah) sesudah takbiratul ikhram dengan doa ini; ALLAHU AKBAR KABIIRO WAL HAMDULILLAHI KATSIROO WASUBHAANALLAHI BUKROTAW WA ASHILAA. WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZI FATHOROS SAMAAWAATIL WAL ARDHO HANIIFAN MUSLIMAA WAMAA ANA MINAL MUSYRIKIIN. INNA SHOLAATII WANUSUKII WAMAHYAAYA WAMAMAATI LILLAAHI ROBBIL AALAMIN LAA SYARIIKALAHU WABIZAALIKA UMIRTU WA ANA
MINAL MUSLIMIN.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Artinya: Allah Maha besar lagi sempurna kebesaranNya,segala puji bagiNya dan Maha suci bagi Allah sepanjang pagi dan petang hari. Kuhadapkan wajahku kepada zat yang menciptakanlangit dan bumi, dengan lurus dan pasrah, dan tidak termasuk orang-orang yang menyekutukan Allah (musyrik). Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku, kuserahkan kepada Allah pemelihara semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya. Demikian itulah Allah perintahkan kepadaku. Dan aku adalah yang termasuk dalam golongan orang Islam." (HR.Ahmad, Muslim, Tarmidzi dan menshahihkannya dari Ali Ibni Abi Thalib)

Doa iftitah banyak jumlahnya lebih kurang dua belas sighat dengan silih berganti dibaca oleh Rasulullah Saw. Akan tetapi lafaz ini yang dipilih Imam Syafi'i (Wahbah Zuhaili,al-Fqhul Islam Wadillatuhu Vol.II, hlm.876-877)

Demikian jawaban buya, dapat pula ditemukan bacaan doa iftitah tersbut di dalam Kitab: ADA APA DENGAN SHOLAT SAYA, Kajian sholat Khusyuk, Hudlur Tadabbur, Syarifuddin Ya’cub, Edisi Revisi Cet.Ke IV Th.2018.hlm.60-61 Unsri Press Palembang. (*)

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Logo instagram.com/sriwijayapost/
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved