Update Virus Corona di Sumsel 11 Januari, Dinkes Sumsel Bicara Tentang Sampel WGS Deteksi Omicron

Dinas Kesehatan Sumsel bercerita tentang varian Omicron yang saat ini sudah masuk Indonesia dengan menggunakan Sampel WGS.

Editor: Refly Permana
sripoku.com/Nadyia Tahzani
Omicron 

Penulis: Linda

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Bahkan adanya varian Omicron diprediksi akan jauh lebih meningkat ketimbang varian Delta dan akan bertambah beberapa bulan kedepan.

Menanggapi hal tersebut, menurut Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy, tetap patuhi protokol kesehatan (Prokes) di semua kegiatan.

"Kepada masyarakat tetap patuhi prokes. Kemudian percepat vaksinasi Covid-19 dan perketat pintu masuk Sumsel," kata Lesty saat dikonfirmasi, Selasa (11/1/2022).

Menurut Lesty, 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) tetap harus ditingkatkan. Kemudian aktif mengirimkan sampel untuk pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS). 

"Pengiriman sampel WGS penting agar segera tahu jika ada yang terpapar omicron. Untuk di Sumsel sendiri sampai saat belum ada terpapar varian Omicron," katanya.

Sementara itu Kasi Survailens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Yusri menambahkan, untuk kondisi Covid-19 di Sumsel sudah mulai melandai.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Sumsel, penambahan kasus Covid-19 di daerah masih normal. Hanya ada penambahan satu kasus pada 10 Januari 2022. 

"Kasus Covid-19 di Sumsel dalam beberapa pekan terakhir tercatat nihil. Per 10 Januari ada penambahan satu kasus Covid-19 di Palembang dan daerah lain kosong," katanya.

Ia menyebutkan, saat ini kasus Covid-19 di Sumsel secara total mencapai 59.992 kasus. Untuk angka kesembuhan tercatat 56.901 kasus dan angka kematian tercatat 3.081 kasus.

"Dan saat ini masih ada 10 orang yang masih dalam proses perawatan Covid-19. Dimana 5 orang dirawat di rumah sakit dan lima orang lagi dirawat di isolasi," kata dia.

Untuk pasien Covid yang dirawat di rumah sakit yakni satu orang di Palembang, satu orang di Musi Banyuasin dan 3 orang di Muara Enim.

Sementara untuk pasien Covid yang isolasi dirumah yakni menyebar 4 orang di Palembang dan satu di Empat Lawang.

Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved