Buya Menjawab

Imam Sholat Lupa Rukuk

Imam sholat Jumat kami, di raka’at kedua setelah membaca surah langsung sujud, kelupaan ruku', lalu setelah tahyat akhir salam.

Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/Anton
Ilustrasi - Sholat Berjamaah. 

Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA, imam sholat Jumat kami, di raka’at kedua setelah membaca surah langsung sujud, kelupaan ruku', lalu setelah tahyat akhir salam. Apakah sah sholat Jumat kami Buya, mohon penjelasan. Terima kasih.
08127109xxx

Jawaban:
Wa’alaikumussalam.Wr.Wb.
Raka’at yang tidak ruku’ tersebut tidak sah. Penyelesaiannya sebagai berikut; Ketika imam langsung sujud, lupa ruku’, makmum yang persis di belakang imam harus mengingatkan denga mengucapkan Tasbih “SUBHAANALLAH”. Maka imam setelah sujud tersebut bangkit lagi untuk mengganti raka’at yang tidak sah tersebut, makmum ikut apa yang dilakukan imam, setelah duduk dan membaca Tasyahhud akhir, Imam melakukan sujud sahwi dua kali yang diikuti oleh makmum, kemudian salam.

Dalam kasus imam sesudah salam baru dikasih tahu oleh makmum bahwa imam kelupaan ruku’, maka langsung imam berdiri untuk melakukan penggantian raka’at yang tidak sah, lalu setelah duduk dan membaca tasyahhud akhir imam melakukan sujud sahwi dua kali yang dikikuti oleh makmum kemudian salam. Sebagaimana Rasulullah Saw. pernah sholat zuhur dua raka’at salam, lalu zul yadain mengingatkan Rasulullah Saw.; "Apakah sholat kita di qashar ya Rasul?”

Jawab Rasul; “Apakah benar Zul Yadain?” “Benar Ya Rasul,” jawab sahabat yang lain. “Baginda Sholatnya dua raka’at salam." Lalu Rasulullah saw. bangkit lagi untuk menambah dua raka’at kekurangan sholat zuhur tersebut, dan beliau melakukan sujud sahwi sebelum salam, yang diikuti oleh para sahabat. Demikian penyelesaiannya. (*)

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved