Breaking News:

Pemerintah Pusat Mulai Rencanakan Vaksin Anak-anak, Bagaimana Dengan Sumsel Ini Kata Kadinkes Sumsel

Pemerintah pusat berencana akan mulai melakukan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun pada 24 Desember mendatang. 

Penulis: adi kurniawan | Editor: adi kurniawan
sripoku.com/odi
Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemerintah pusat berencana akan mulai melakukan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun pada 24 Desember mendatang. 

 

Lalu bagaimana dengan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), akankah mulai melakukan vaksinasi juga untuk anak-anak?


Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy, hingga saat ini belum ada surat edaran resminya untuk vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun.


"Sampai saat ini kita belum menerima surat edaran resminya dari pusat. Kita masih menunggu itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Lesty Nurainy saat dikonfirmasi, Minggu (12/12/2021).


Menurutnya, Dinkes siap mengikuti aturan pusat, kalau sudah keluar surat edarannya.

Sebab kalau belum ada surat edarannya dari pusat di aplikasi juga belum bisa dibuka, sehingga kalau memang sudah dibuka tentunya akan segera dilaksanakan.


"Kalau sudah ada arahan pusat, kita akan langsung mulai. Supaya herd immunity lebih cepat tercapai. Artinya kalau anak-anak usia 6-11 tahun sudah boleh divaksin akan menambah sasaran kita,"ungkapnya.


Menurut Lesty untuk vakasin yang boleh digunakan anak-anak usia 6-11 tahun tentunya yang sudah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan makanan (BPOM).


"Untuk tempat vaksinasinya agar lebih mudah bisa di sekolah. Bisa juga di puskesmas atau tempat yang melayani vaksin, asal sesuai dengan prosedurnya," katanya.


Sementara itu Kasi Surveilans dan Imunisasi, Yusri menambahkan, untuk tempat vaksinasinya dilihat anaknya misal kalau sekolahnya PAUD, TK, SD, atau SMP bisa di sekolahnya.


"Yang tidak sekolah bisa ke Puskesmas. Jadi vaksinasinya bisa di sekolah ataupun puskesmas. Untuk disekolah biasanya sekolahnya yang akan berkoordinasi dengan pelayan kesehatan setempat," katanya.


Menurut Yusri, hingga kini untuk vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun ini belum ada surat resminya, untuk itu masih menunggu instruksi dari pusat. 

Karena ini berlaku secara nasional tentunya yang di daerah akan mengikuti arahan pusat.
 
 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved